14 Sep 2021     English   |   Bahasa

Pentingnya Sound Engineer Profesional Dalam Produksi Voice Over

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Berdasar fakta bahwa saat ini banyak sekali voice over talent yang mampu merekam pekerjaannya sendiri, terkadang client mengesampingkan pertimbangan mengenai proses produksi dan post produksi audio. Padahal, produksi dan post produksi audio memiliki peranan yang sangat penting dalam membuat pesan voice over mu menjadi nyata dan enak didengar. Proses ini adalah proses paling vital dalam produksi apapun, baik produksi podcast, audiobook, games, dan project voice over lainnya. Kualitas produksi dan post produksi mampu membedakan kelas hasil produk audio yang dikerjakan, dari produk yang mampu memukau audiens anda, menjadi sebuah produk kelas dua yang tidak sempurna, dan tidak enak didengar.
 
Pekerjaan produksi dan post produksi merupakan pekerjaan yang penuh dengan spesifikasi teknis yang dikombinasikan dengan sentuhan seni. Dengan banyaknya video tutorial di youtube, dan banyaknya Digital audio workstation yang ada di pasaran, mungkin anda mampu mengerjakan pekerjaan dengan resiko yang rendah dan tidak didistribusikan secara luas. Apa maksudnya? Proyek berisiko rendah dan tidak didistribusikan secara luas adalah pekerjaan yang tidak diperuntukan atau didengarkan dalam berbagai output channel media distribusi, dengan contoh-contoh project seperti event, presentasi di kelas, materi meeting, dsb. Coba bayangkan bila anda harus mengerjakan project dengan output audio untuk diperdengarkan ke banyak orang melalui banyak channel media distribusi, seperti tv, radio, digital distribution (tiktok, instagram, youtube), yang membutuhkan treatment khusus di setiap outputnya. Apakah anda siap untuk menjawab tantangan ini? Tentunya, anda akan mulai berpikir untuk mencari sound engineer professional dalam produksi voice over anda.
 
 
Lantas, apa alasan anda membutuhkan sound engineer professional dalam produksi voice over? Konten audio, dan audio visual dikonsumsi lebih banyak orang saat ini, sehingga rata-rata pendengar secara tidak disengaja memiliki kemampuan mendengar dan membedakan kualitas audio yang baik dan yang tidak. Mereka mampu melihat detil-detil khusus noise yang tercipta dari ketidaksempurnaan produksi audio untuk produk yang mereka konsumsi, seperti noise popping, distort / clipping, dan noise clicking, yang mungkin dapat mendistraksi mereka dari penyampaian pesan yang ingin anda kirimkan melalui produk audio anda. Selain itu, bagi anda yang berprofesi sebagai creative produser, mengerjakan proses produksi dan post produksi audio tanpa dikerjakan tenaga profesional akan memakan waktu cukup lama, yang mana, mungkin waktu tersebut dapat dikerjakan untuk melakukan pekerjaan lain untuk membangun bisnis anda, seperti melakukan pemasaran bisnis, dan mengerjakan pekerjaan untuk client lain.
 
 
Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika anda mempekerjakan sound engineer professional :
 

1. Waktu

Bagi anda para producer, atau bahkan voice over talent profesional yang bekerja secara simultan dalam beberapa project, merekrut sound engineer professional tentunya menjadi sebuah keharusan. Deadline padat, dan berpindah dari revisi satu project, ke revisi project yang lain terkadang menjadi batu sandungan yang cukup besar untuk mengatur time management dari sebuah project. Menghire seorang sound engineer yang tepat dalam mengerjakan project-project voice over yang anda handle adalah salah satu solusi yang paling baik untuk menjawab tantangan ini.
 

 

2. Kualitas

Seperti yang telah dijelaskan dalam paragraf sebelumnya, bahwa mungkin anda kompeten untuk mengerjakan satu voice over project dengan resiko yang rendah dan tidak didistribusikan secara luas. Bila anda merasa mampu untuk mengerjakan project untuk didistribusikan secara luas (baik proses editing, mixing, mastering), bayangkan bila anda mengerjakan 5-10 project tersebut dalam secara simultan. Apakah anda akan mendapatkan kualitas yang baik untuk setiap project nya? Dan apakah anda mampu mengerjakan keseluruhan project itu sendirian? Jaminan kualitas yang baik dan telah disesuaikan output channel distribusi yang tepat adalah keuntungan yang pas ketika anda berencana untuk memperkerjakan sound engineer professional.

 

3. Konsistensi

Kecakapan kerja dalam sebuah industri kreatif ditentukan dari hasil output pekerjaan yang akan anda produksi. Seperti ketika anda memasuki rumah makan langganan, dan berharap bahwa rasa makanannya akan selalu enak seperti ketika anda pertama kali mencobanya, tentunya client juga berharap hal yang sama pada produk audio, dan audio visual yang akan dikerjakan. Hal yang paling terlihat dalam menghire sound engineer professional adalah, anda akan selalu memiliki output yang baik dari setiap produk audio yang anda produksi. Seperti koki yang mampu memasak masakan dengan enak, Sound engineer yang baik seharusnya memahami bagaimana brief anda, dan menterjemahkannya dengan baik sesuai kemauan anda, sehingga output yang diberikan memiliki kualitas yang sama disetiap produknya.

 

4. Durabilitas

Membicarakan mengenai durabilitas, tentunya anda harus mampu mengukur sebesar apa anda mampu bekerja dalam tekanan. Mari berimajinasi bahwa tidak semua project yang anda kerjakan merupakan sebuah pekerjaan pendek dan simple untuk diproduksi. Mari membayangkan bahwa pada suatu waktu anda akan mendapati jumlah produksi audio dengan total durasi 2 - 4 jam audio file. Apakah anda mampu mengerjakannya sendiri? Belum lagi ditambah project-project yang lain yang menanti untuk direvisi. Bagaimana jadinya anda bila anda tidak menghire orang professional untuk mengerjakan pekerjaan tersebut.

 

5. Keuangan

Time is money. Setujukah anda dengan ungkapan ini? Bila setuju, pertimbangkan pertimbangan-pertimbangan di atas. Bila anda tidak setuju, mari kita membahas sudut pandang ini secara detail. Berapa maksimum pekerjaan yang dapat anda lakukan ketika anda bekerja sendiri dan tanpa menggunakan tim sound engineer profesional? Apakah jumlah yang anda pikirkan mampu anda tambahkan ketika anda menghire jasa sound engineer profesional? Lantas, dengan kualitas yang baik, apakah anda dapat menambah nilai project anda kepada client? Apakah anda akan rugi dengan merekrut tim sound engineer profesional? Silahkan jadikan bahan pikir ini patokan anda mengenai seberapa pentingnya seorang sound engineer profesional.
Urgensi memiliki sound engineer yang tepat dalam project voice over yang anda jalankan merupakan hal yang layak dipikirkan dengan serius untuk menunjangan perkembangan bisnis anda, baik anda sebagai produser konten kreatif audio visual, atau bahkan sebagai profesional voice over talent. Sebagai penutup dari sebuah tulisan yang cukup panjang ini, inavoice.com hadir sebagai voice over agency terdepan di Indonesia, mampu mengerjakan seluruh kebutuhan voice over yang anda berikan dengan konsistensi kualitas terjamin, bagi anda yang membutuhkan jasa voice over sebagai penyambung pesan dari produk audio, ataupun audio visual yang anda produksi. Bergabunglah bersama kami dan nikmati kemudahan-kemudahan yang kami berikan.