24 Feb 2022     English   |   Bahasa

Bingung Produksi Voice Over di Mana? - Disini Dapat Diskon Promo Code!

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Sebagai orang yang mencari jasa pengisi suara, apakah kamu sudah memiliki visi yang tepat, ide umum, atau  justru sama sekali tidak tahu tentang jenis suara yang akan kamu cari untuk project audio visual milikmu?
 
Sebagian besar pencarian voice over talent pasti melibatkan proses dengan banyak langkah, untuk berbagai macam tujuan. Mungkin kamu adalah orang yang baru mengenal industri voice over ini dan belum begitu yakin soal apa yang bisa diharapkan, dalam hal ini artikel berikut mungkin bisa menjadi semacam panduan awal untuk membuka wawasanmu soal voice over. Atau kalau kamu sudah melalui berbagai macam proses di dalam industri ini sebelumnya, artikel ini bisa juga memberikan beberapa petunjuk yang bermanfaat.
 
Dalam kedua kasus tersebut, mari kita coba kita lihat langkah-langkah berikut:

 

Step 1: Pahami Aturan Dasarnya

Sebelum kamu memulai pencarian voice over talent, penting untuk mengingat beberapa aturan dasar. Aturan tersebut mungkin bukan sebuah “aturan” yang saklek, tetapi bisa juga berupa informasi kecil yang berguna untuk membantu mengerucutkan pencarianmu untuk voice over talent yang ideal.
 
Voice over talent yang ideal seharusnya memiliki beberapa poin berikut:
  • Selalu tersedia saat dibutuhkan
  • Bersemangat dan bersedia menjawab berbagai pertanyaan
  • Mampu bekerja sama agar pekerjaan menjadi lebih mudah
  • Mempunyai visi yang sama soal goals atau tujuan dari project yang akan dikerjakan

 

Voice over talent yang yang ideal seharusnya tidak melakukan poin berikut:

  • Tidak memiliki banyak waktu atau sibuk dengan banyak hal lain
  • Tidak menanggapi email dan panggilan telepon
  • Tidak bisa menerjemahkan brief dari client
  • Melakukan rekaman hanya untuk menghasilkan uang, menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin, atau sebaliknya "menyelesaikan" sehingga mereka bisa sesegera mungkin beralih ke hal lain.

 

Step 2: Memulai Pencarian Voice Over Talent

Kalau kamu belum yakin tentang bagaimana memulai pencarian voice over talent untuk projectmu, kamu mungkin bisa mencari ke beberapa platform penyedia jasa voice over. Atau akan lebih baik kalau kamu menggunakan bantuan voice over agency, karena bagaimanapun juga waktumu untuk melakukan pencarian akan lebih berharga jika digunakan untuk hal lain.
 
Pro tips: Untuk melakukan pencarian voice over kamu bisa mulai memikirkan tentang gambaran suara yang tepat mewakili naskah voice over mu, misal “formal” “mature” “casual” “anak muda” dan lain-lain.

 

Step 3: Review Demo Suara

Karena demo suara bisa direkam ulang dan diedit dengan lebih sempurna, demo suara bukanlah akhir dari segalanya ketika kamu menemukan suara yang ideal. Tetapi, demo suara tentu saja bisa membantu untuk memberikan gambaran umum tentang seperti apa suara yang akan dihasilkan oleh voice over talent tersebut.
 
Kamu bisa meninjau demo suara voice over talent melalui portofolio mereka, seharusnya tidak sulit untuk menemukan demo suara tersebut. Demo biasanya merupakan bagian dari portofolio para voice over talent, yang menyediakan berbagai intonasi, gaya, dan contoh lain yang menampilkan yang terbaik dari yang terbaik.

 

Step 4: Meminta Demo Suara Khusus

Demo mungkin bisa memberikan gambaran umum tentang jangkauan dan kemampuan seorang voice over talent. Terkadang itu cukup untuk membuat keputusan akhir. Tetapi kalau kamu ingin gagasan yang lebih pasti tentang bagaimana suara talent akan terdengar ketika membacakan naskah projectmu, kamu juga bisa meminta demo suara khusus yang bisa dijadikan semacam “audisi” tertutup.
 
Sebagian besar voice over talent biasanya akan menerima atau bahkan memberikan demo suara mereka untuk audisi seperti itu. Kirimkan satu line atau lebih dari naskah yang kamu punya, berikan sedikit brief, dan minta talent untuk membacakan line tersebut. Kamu juga bisa memberikan naskah tanpa memberikan brief kepada talent, karena biasanya voice over talent akan memberikan alternatif cara baca yang mengejutkan dan mungkin tidak terlintas di dalam kepalamu.
 
Review hasil dari audisi suara yang kamu terima, pilih pemenang, lalu lanjutkan ke langkah berikutnya.

 

Step 5: Berikan Detail Project

Kamu bisa mengajukan beberapa pertanyaan untuk voice over talent terpilih sebelum project dilanjutkan, sebaliknya talent juga kemungkinan memiliki beberapa pertanyaan untukmu.
 
Berikut beberapa pertanyaan umum dari voice over talent yang bisa jadi acuan:
  • Di mana dan bagaimana rekaman akan dilakukan.
  • Berapa lama waktu rekaman?
  • Panjang naskah dan lisensi yang digunakan untuk suara
  • Format yang diperlukan untuk perekaman akhir, yaitu file MP3, AIFF, .wav
  • Batas waktu pengiriman, yaitu satu jam, 24 jam, dua hari, atau satu minggu

 

Konten Video Marketing: Konten yang Sedang Naik Daun

Sebuah data dari penelitian yang dilakukan oleh Zenith Media, menemukan fakta bahwa, di tahun 2020, 96% dari orang yang menggunakan internet, mengkonsumsi konten video marketing, dan diperkirakan jumlah tersebut akan terus meroket di tahun 2022 ini hingga mencapai 100 menit penayangan per hari.

Artinya apa?

Sebagai pemilik brand, bisnis, orang-orang yang bekerja di bidang agensi kreatif, atau bahkan freelance videographer, permintaan pastinya akan meningkat dengan pesat. Apalagi dari data tersebut juga terindikasi bahwa 94% dari marketer mengatakan, konten video marketing telah banyak membantu target customer untuk lebih mudah memahami produk atau jasa yang mereka tawarkan.
 
Tentu saja data-data tersebut membuat persaingan untuk membuat konten video marketing yang baik akan semakin ketat.
 
Seperti yang juga kami tuliskan di atas, menggunakan jasa….

 

Bagaimana Membuat Konten Video Marketing yang Baik?

Apa sih konten video marketing?
 
Yang bisa kami katakan, konten video marketing adalah sebuah produk audio visual yang diproduksi dengan baik dan tepat sasaran sesuai dengan target marketnya. Yang perlu diingat, kalimat “Audio Visual” adalah gabungan dari dua kata, yaitu “audio” dan “visual” yang artinya, kedua elemen tersebut sangatlah penting untuk membuat konten video marketing yang sempurna. Hilangkan dari mindset usang yang mengatakan bahwa visual jauh lebih penting daripada audionya, karena hal seperti itu jauh dari fakta sebenarnya.
 
Jangan sampai kita terjebak dan melakukan seperti apa yang dikatakan oleh Scott Harrell dari video entrepreneurship:
 
"Banyak pemula yang melakukan kesalahan di awal dengan mementingkan kualitas video. Studi mengatakan bahwa pixelated video dan video yang sedikit grainy lebih mudah diterima bila dibanding dengan audio berkualitas rendah"

 

Voice Over Agency: Jawaban untuk Produksi Audio yang Baik dan Mudah

Kalau membaca langkah-langkah yang sudah kami tulis di atas, pasti kamu merasa kalau menemukan voice over talent yang tepat untuk projectmu demi menghasilkan audio yang berkualitas akan sangat sulit dan merepotkan. Tetapi, seperti yang sudah sering kami tegaskan, voice over yang baik sama pentingnya dengan visual yang baik. Jadi hal tersebut tidak bisa ditawar! Apalagi kalau kamu masih menerapkan sistem “mendang-mending”, mending begini, mending begitu. Segera tinggalkan hal-hal yang tidak baik untuk pekerjaanmu itu!
 
Mungkin kita bisa memulai untuk memetakan kesulitan-kesulitan yang biasanya terjadi di dalam proses produksi konten audio visual. Poin-poin berikut mungkin bisa membantu untuk mengetahui permasalahan umum tersebut:
  1. Budget produksi terbatas (tipis!)
  2. Timeline produksi yang mepet (deadline!)
  3. Klien yang banyak mau (tentunya ini sangat bisa memperkeruh suasana produksi)
  4. Butuh tim untuk melakukan kolaborasi
  5. Mengatur jadwal produksi, baik produksi visual, dan produksi audio.

Setuju dengan poin-poin di atas?

Kalau kamu setuju, berarti kamu pasti paham soal betapa merepotkannya pekerjaan membuat konten audio visual yang baik. Atas dasar itulah, voice over agency bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantumu menemukan suara yang tepat dan menyelesaikan berbagai kerumitan yang berhubungan dengan produksi audio.

Kami di Inavoice sangat percaya bahwa untuk urusan ide, kreativitas, dan eksekusi konten visual yang baik, kamu adalah jagoannya! Tapi untuk urusan audio, kamu bisa berkolaborasi bersama Inavoice untuk mendapatkan hasil yang pastinya tidak mengecewakan.

Selain itu, Inavoice juga menawarkan solusi untuk semua poin-poin sulit yang sudah kami tulis di atas. Kami menawarkan budget produksi voice over mulai dari 1 juta rupiah saja! Harga tersebut sudah termasuk dengan studio dan alat rekaman berstandar professional broadcast, dan juga post production seperti editing, mixing, dan mastering. Inavoice juga menawarkan berbagai layanan unggulan seperti Express Production Service, jadi kamu bisa dapetin file audio yang oke dan “bersih” dalam waktu 1x24 jam saja.

Yang paling penting, kami di Inavoice juga dilengkapi dengan ratusan voice over talent profesional dengan berbagai macam bahasa di seluruh dunia, konsultan dan Customer service berpengalaman yang siap melayani pertanyaan apapun soal produksi audio. Audio Project Manager yang siap menjaga timeline produksi agar tidak keluar jalur, Voice Director, dan Audio Engineer profesional yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di industri ini.   

Apakah itu saja?

Belum dong! Kami sangat paham kalau kamu sangat menyukai diskon! Jadi, mulai hari ini, Inavoice juga mempunyai sebuah program diskon tambahan kalau kamu memakai promo code yang bisa kamu generate lewat link berikut:

PROMO CODE GENERATOR
Get 10% Discount for Your Project
Bayangkan, produksi audio berkualitas mulai dari 1 juta rupiah, masih ditambah dengan potongan harga. Sebuah tawaran yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, bukan?
 
Mari bergabung dengan banyak klien yang sudah berkolaborasi bersama kami di Inavoice!
 
Always remember, You deserve better!