6 May 2021     English   |   Bahasa

Cara Menjadi Voice Over Talent yang Lengkap di Tahun 2021

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Summary : Voice over talent adalah profesi yang berperan sebagai penyampai pesan utama dalam sebuah produk audio visual harus menghadapi kenyataan tentang berubahnya pola-pola produksi voice over di era new normal ini. Di tahun 2021 ini, voice over talent dituntut untuk menjadi profesi yang lengkap, yang mampu menyediakan kebutuhan client, baik itu kualitas audio yang baik, hingga online meeting atau remote recording system.

Keynote Dalam Tips Menjadi Voice Over Talent yang Lengkap di Tahun 2021 :

Tips Menjadi Voice Over Talent di Tahun 2021
1. Mempersiapkan Kondisi Rumah yang Nyaman Untuk Melakukan Perekaman
2. Peningkatan Skill Voice Over Talent
3. Penambahan Investasi Alat

 

Voice Over Talent di Era New Normal

Pandemic Covid-19 belum nampak kapan akan berakhir. Persebaran vaksin dijanjikan akan didapatkan oleh masyarakat umum pada tahun 2022. Sampai sekarang belum ada kepastian bahwa kapan masyarakat Indonesia pada umumnya bisa mendapatkan vaksin ini. Sambil menunggu hal tersebut, mari kita melihat pola kehidupan yang berjalan saat ini.

Nampak sekali bahwa perubahan pola kehidupan sangat terdampak oleh pandemi. Sebut saja, mulai dari menjaga jarak, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan membawa hand sanitizer kemana-mana merupakan pola perubahan kehidupan yang sangat nyata kita hadapi selama pandemic ini. Tak terkecuali bagi kehidupan industri voice over Indonesia, dan voice over talent yang berada di dalamnya.

Perubahan pola-pola kehidupan talent voice over sungguh terlihat. Bagaimana biasanya mereka harus berpindah dari satu studio ke studio lain, bertemu banyak orang pada sebuah produksi voice over, belum lagi stress karena keadaan yang membuat daya beli masyarakat menurun dikarenakan resesi ekonomi yang kita hadapi di Indonesia. Cukup mengkhawatirkan bukan.

Begitu pula dengan pola kehidupan di voice over agency, yang harus siap dalam menyediakan peralatan khusus demi menunjang perubahan pola-pola produksi yang ada. Perubahan pola komunikasi baik kepada client dan talent juga harus dipersiapkan dengan baik, seperti harus mulai menunjang pola-pola komunikasi digital melalui zoom, dan google meet. Juga dengan persiapan ruangan produksi voice over yang baik dengan mengadakan sterilisasi menggunakan disinfektan ataupun menggunakan lampu UV juga turut dibutuhkan.

Pola-pola perubahan tersebut ditujukan juga untuk menunjang keamanan dan kenyamanan karir voice over baik bagi voice over talent ataupun agensi voice over seperti Inavoice.com.

Selain perubahan pola kehidupan, tentunya perubahan pola produksi voice over juga berubah. Demand yang mengecil dari pasar voice over dikarenakan dipotongnya budget marketing dari sebuah perusahaan seharusnya tidak merubah konsistensi kita dalam bidang voice over yang dituntut untuk melakukan perubahan dalam tahapan produksi.

Kini talent voice over dituntut untuk mampu merekam sendiri suaranya dari rumah, memiliki internet yang tidak terlalu lambat untuk dapat bertatap muka secara virtual dengan client, mengupload rough rekaman untuk dikirimkan pada sound engineer, dan banyak hal lainnya yang harus dilakukan secara daring.

Perubahan-perubahan yang dilakukan secara tiba-tiba ini kadang membuat kita terbata-bata dan meraba, bagaimana cara yang baik dan benar bertindak sebagai voice over talent pada tahun 2021 ini.

Perubahan-perubahan tersebut pada akhirnya disebut sebagai new normal. Lantas apa sih new normal itu? Menurut Achmad Yurianto, juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, New Normal adalah tatanan, kebiasaan dan perilaku yang baru berbasis pada adaptasi untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat.

Dari sini kita mengetahui bahwa new normal yang dimaksudkan adalah membiasakan pola-pola kehidupan baru seperti yang telah dijelaskan di atas, dengan didasarkan kepada perilaku hidup bersih dan sehat. Bagi sebagian orang, new normal merupakan pil pahit yang harus ditelan karena berarti hilangnya pekerjaan dan sumber pendapatan, sebut saja pekerja event, entertainer, mc, dan beberapa pekerjaan lain yang tidak memungkinkan untuk adanya social distancing. Bagi talent, bila tak pintar memutar otak, dan bertahan dengan pola-pola produksi yang ortodoks, mungkin juga akan tertinggal.

Lantas, bagaimana cara menjadi voice talent yang lengkap dalam menghadapi era new normal tahun 2021 ini? Yuk kita cek tips ini.

 

Tips Menjadi Voice Over Talent di Tahun 2021

1. Mempersiapkan Kondisi Rumah yang Nyaman Untuk Melakukan Perekaman

Sebenarnya, hal bekerja dari rumah adalah hal yang didambakan oleh banyak orang, dan ini juga yang sedari awal membuat orang ‘nyemplung’ dalam dunia voice over. Walaupun, tak jarang juga, khususnya bagi yang belum memiliki alat perekaman suara, talent harus menuju studio yang telah disiapkan oleh voice over agency, ataupun client. Sehingga kegiatan berpindah-pindah studio sudah menjadi makanan sehari-hari.

Tentunya hal ini tak dapat dilakukan dalam kondisi new normal seperti sekarang. Kebanyakan pekerjaan dan audisi bagi pekerjaan akan dilakukan dari rumah. Hal ini tentunya menyebabkan beberapa konsekuensi lain, seperti harus mempersiapkan tempat yang paling tepat untuk melakukan perekaman.

Tempat yang paling tepat untuk perekaman dapat diindikasi dari ruangan yang paling tidak memantulkan suara berlebih. Maksudnya adalah, teman-teman harus mencari sweetspot tempat yang mungkin bisa digunakan seperti jauh dari kebisingan anak-anak, tidak bocor suara jalan, dsb.

Pro Tips : Coba isi ruangan yang akan dilakukan untuk melakukan perekaman suara dengan benda-benda seperti sofa, kasur, bantal, karpet, untuk mulai mereduksi pantulan suara.

 

2. Peningkatan Skill Voice Over Talent

Seperti yang telah kita bahas, peningkatan skill dalam masa new normal wajib dilakukan karena kini semakin banyak orang yang ikut nyemplung dan bekerja sebagai pengisi suara. Peningkatan skill utamanya terletak pada perekaman suara, editing, mixing, dan mastering harus dilakukan oleh voice over talent pada saat ini khususnya bila anda bekerja sendiri dan tidak melalui agensi voice over.
 
Tentunya anda harus membuka relasi dengan sound engineer bila anda merasa terlalu banyak yang harus dipelajari dalam satu waktu. Selain itu, peningkatan skill pada kemampuan menggunakan tools eMeeting seperti google meeting, skype, dan zoom juga harus dimiliki. Ketiga tools tersebut sangat mampu untuk digunakan sebagai tools remote recording, sehingga anda harus mempelajari juga bagaimana menyelenggarakan remote recording yang baik dan benar agar perekaman berjalan dengan lancar.
 
Peningkatan skill selain pada hal teknis perekaman suara, ada baiknya juga mulai meningkatkan skill branding & marketing yang paling tepat untuk menjual jasa kalian. Branding dan marketing merupakan hal yang wajib dilakukan bila anda ingin memperluas market penjualan jasa kalian. Pahami mengenai SEO, SMM, SEM, adding value content voice over, dan maksimalkan channel sosial media untuk mendistribusikan konten jasa anda. Ingat, konten sosial media voice over tak harus melulu cover voice over atau dubbing viral video.

 

3. Penambahan Investasi Alat

Dengan asumsi bekerja dari rumah, tentunya anda juga harus berasumsi dan mengusahakan bahwa hasil rekaman yang anda lakukan memiliki kualitas premium seperti ketika anda merekam suara di studio professional. Ingat, melakukan perekaman suara tak hanya masalah microphone apa yang digunakan, namun juga hal-hal lain seperti Accoustic treatment yang baik, speed internet yang cepat, juga kemampuan komputer yang layak untuk merekam, editing, mixing, dan mastering.

Microphone yang baik, merupakan microphone yang memiliki standard lisensi broadcast. Tidak melulu microphone yang mahal memang, namun harus memiliki kualitas, dan frequency response yang baik agar dapat diolah dengan baik pula. Apakah boleh merekam menggunakan handphone? Tentu saja boleh, namun untuk produksi suara khusus, mungkin konten sosial media pribadi, atau merekam sample suara untuk audisi.

Acoustic treatment yang baik juga berperan penting untuk mendapatkan hasil suara yang baik. Suara tidak bergema, tidak ada ambience noise, ataupun electrical noise merupakan kunci keberhasilan suaramu dapat diolah oleh mix engineer. Sehingga perhatikan betul untuk membangun accoustic treatment yang baik.

Selain kedua hal tersebut, penambahan investasi internet cepat dan Audio Workstation yang baik juga penting untuk menunjang meeting yang diselenggarakan secara daring, juga penunjang kemampuan mixing dan mastering.

Wahh, cukup banyak ya ternyata perubahan yang harus dilakukan oleh. Semua hal di atas tentunya akan sangat berguna bagi talent yang bekerja dari rumah. Pun setelah pandemic ini berakhir, semua hal di atas masih akan sangat menunjang pekerjaan anda. Tentunya dalam perubahan-perubahan yang harus dihadapi oleh voice over talent dimasa pandemic ini, Inavoice.com selaku voice over agency terdepan di Indonesia sangat mendukung perubahan-perubahan tersebut. Inavoice.com akan sangat mau membantu bila teman-teman ingin berkonsultasi mengenai hal ini.