21 Jan 2022     English   |   Bahasa

5 Tips Ketika Memilih Agensi Voice Over

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Di dunia digital dan online kita hari ini, pengalaman indera pendengaran yang diberikan oleh para talent dari agensi voice over Indonesia sangat berharga. Keahlian agensi mencakup seluruh proses produksi voice over – mulai dari rekaman hingga teknis pasca produksi dan menemukan aktor pengisi suara yang tepat untuk project milikmu.

Untuk bisnis dan hiburan online, atau beberapa media yang lebih tradisional, jasa voice over sangat diminati. Menemukan voice over talent terbaik untuk kebutuhan projectmu memerlukan pencarian yang detail dan mendalam, yang bahkan terkadang terasa menyulitkan. Setelah kamu menemukan suara yang tepat, kamu juga perlu tahu cara melakukan rekaman voice over dengan cara yang tepat dan efektif. Di sinilah peran dari agensi voice over sangat penting.

 
Henry Lennon
Co-Founder Inavoice

 

Menemukan voice over talent yang tepat dan produksi rekaman yang dibutuhkan tidak seharusnya menjadi sebuah tantangan yang berat. Dalam artikel ini, Inavoice sebagai agensi voice over Indonesia bertujuan untuk melihat dan memilih voice over talent yang tepat dan mengapa menggunakan voice over agency merupakan langkah yang tepat buatmu. Kami juga membantu dan berusaha untuk memberikan masukan yang baik, sehingga klien bisa membuat keputusan yang tepat tentang pilihan voice over talent untuk project mereka.

Menemukan Talent dan Agensi yang Tepat

Cara terbaik untuk menemukan voice over talent yang tepat, seperti kebanyakan pekerjaan di industri hiburan profesional, kadang memerlukan proses casting. Casting memungkinkan kamu untuk melakukan pencarian bakat secara komprehensif sambil memeriksa kesesuaian kandidat untuk pemeran suara yang diperlukan.

 
Kamu tentunya memiliki beberapa gagasan tentang jenis suara yang kamu inginkan, tentu saja, tetapi akan selalu menjadi ide yang baik kalau kamu langsung memiliki opsi. Dalam hal casting, adalah saran yang baik untuk membiarkan dirimu terkejut dengan apa yang ditawarkan oleh para talent. Menariknya, kandidat terbaik biasanya adalah seseorang yang bahkan belum kamu kenal!
 
Mari memulai dengan sebuah pertanyaan: apa yang kamu butuhkan dari voice over talent yang baik? Meskipun kamu mungkin memiliki beberapa persyaratan khusus, ada beberapa hal umum yang bisa jadi perhatian:
  1. Profesionalisme: Bakat adalah hal biasa, tetapi biasanya profesionalisme lebih sulit ditemukan. Kamu tentu menginginkan bakat voice over terbaik, tetapi sangat jarang ditekankan bahwa klien juga harus menemukan bakat yang tepat yang disertai dengan tingkat profesionalisme yang baik. Profesionalisme tentu membuahkan hasil akhir yang jauh lebih baik, dan tentu dengan stres yang jauh lebih sedikit daripada yang mungkin kamu rasakan jika bekerja sama dengan seorang amatir.
  2. Ketepatan waktu: Carilah voice over talent yang disiplin dan tepat waktu. Seperti kata pepatah terkenal, “Waktu adalah uang”, dan waktu juga terbatas, dan pastinya sangat berharga. Membayar seseorang untuk melakukan pekerjaan dengan baik, dan melakukannya tepat waktu adalah sebuah kewajiban.
  3. Mengambil langkah dan membuat penyesuaian: Voice over talent pilihanmu harus bisa mendengarkan apa yang kamu inginkan dan mampu membuat penyesuaian sesuai dengan kebutuhan yang ada di dalam project. Artinya kamu harus mencari seorang talent suara yang memiliki pemahaman tentang keahlian mereka dan bisa mendengarkan serta merespons kebutuhan project secara real-time.

Jadi bagaimana caramu menemukan berbagai kebutuhan tersebut? Dan bagaimana kamu bisa tahu apa yang harus dihindari? Inilah waktu yang tepat untuk mencoba menggunakan agensi voice over.

 

Agensi Voice Over yang Baik akan Menemukan Voice Over Talent yang Baik

Kalau kamu membutuhkan voice over talent dengan kualifikasi seperti poin-poin di atas, masuk akal kalau kamu membutuhkan agen pengisi suara yang tahu bagaimana menemukan talent tersebut.

 
Pertama, agensi ini (seperti kami di Inavoice) memiliki pengalaman dan tahu apa yang harus dilakukan dan juga harus dihindari. Agensi voice over akan mempertahankan beberapa voice over talent di katalog web yang secara reguler bekerja sama dengan mereka untuk mencari pekerjaan bagi mereka.

Temukan agensi yang terpercaya – Kamu pasti ingin menemukan agensi yang bisa berkomunikasi dengan mudah, mendengarkan kebutuhanmu, dan segera menindaklanjuti permintaanmu. Salah satu cara termudah untuk menemukan agensi voice over dengan reputasi yang baik adalah dengan melihat testimoni klien sebelumnya, dan juga katalog voice over talent yang ada di website mereka.

Yang perlu jadi catatan, agensi voice over tidak hanya memberikan pilihan calon voice over talent – mereka juga terlibat dalam proses rekaman dari awal hingga akhir. Proses ini tentu dimulai dengan casting talent yang tepat, tetapi hasil dari rekaman voice over juga membutuhkan pengeditan dan mixing yang cermat dalam pasca produksi.

 

Bekerja Bersama Agensi Voice Over

Voice over talent yang baik memang penting, tetapi untuk sebuah agensi, voice over talent hanyalah permulaan. Ada beberapa hal penting lain yang harus diperhatikan sebelum kamu memilih menggunakan jasa agensi voice over untuk project-project audio yang kamu kerjakan.

Berikut beberapa poin yang bisa dijadikan acuan:

 

1. Komunikasi dengan Customer Service

Selain memesan jasa dan menyediakan pekerjaan, agensi voice over juga bertanggung jawab untuk memantau para voice over talent yang ada di dalam katalog mereka setiap saat. Tugas utama sebuah agensi voice over adalah menjaga jalur komunikasi agar tetap terbuka dengan semua pihak. Mereka akan menghubungi talent ketika ada klien yang menginginkan suaranya untuk dipakai. Saat proses pra produksi dilakukan, agensi juga bertugas untuk memastikan bahwa mereka memahami kontrak dan detail tentang project tersebut. Tanggung jawab ini termasuk tarif, waktu produksi, dan lokasi perekaman.

Kecepatan, ketepatan, dan keramahan ketika berkomunikasi menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh klien sebelum memakai jasa agensi voice over. Kamu tentu tidak mau tiba-tiba di-ghosting ketika sedang ada di tengah suasana hectic produksi atau ketika kamu butuh revisi, bukan? Sangat penting untuk memastikan kelancaran dialog dan komunikasi yang baik dengan customer service dari agensi voice over sebelum sebuah project berjalan.

 

2. Layanan yang Diberikan

Agensi voice over harus bisa melayani berbagai macam project audio dan voice over. Project apa pun yang kamu rencanakan, agensi voice over yang baik harus mampu menyediakan voice over talent yang mencakup semua jenis, bahasa, dan gaya bicara. Beberapa jenis layanan utama project voice over yang bisa kamu harapkan dari agensi untuk adalah:

  • Commercial – Sebagian besar iklan komersial menggunakan voice over talent. Nyalakan televisi, dan kamu akan mendengar contohnya. Tentu saja, selain televisi setiap iklan yang kamu dengarkan di internet atau radio pada dasarnya membutuhkan voice over.
  • Animasi – Fitur animasi, tayangan anime atau kartun, dan konten animasi online semuanya memanfaatkan keahlian dari voice over talent secara signifikan.
  • Video Game – Industri video game hari ini menjadi pasar yang nyaris lebih besar daripada industri film, dan menariknya masih memiliki ruang untuk tumbuh lebih jauh. Tentu saja perkembangan tersebut akan selaras dengan kebutuhan voice over untuk mengisi suara yang ada di dalam sebuah game.
  • Podcast dan Audiobook – Industri lain yang sedang berkembang. Podcast telah merevolusi cara kita mendengarkan dunia, begitu juga dengan audiobook yang turut serta mengubah cara kita dalam membaca sebuah cerita. Tidak ada kekurangan ruang untuk voice over talent jika mereka ingin masuk di dalam industri ini.
  • Film dan Televisi – Di era digital hari ini, mungkin televisi sudah dilihat sebagai media tradisional, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa, televisi merupakan bahan pokok yang dapat diandalkan, dan tentu saja industri ini masih dan akan terus membutuhkan bakat dari seorang voice over talent secara teratur. Jangan lupa pertimbangkan penggunaan suara di dalam trailer, iklan, teaser atau narasi dokumenter di dalam industri film.

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya pilihan dan keragaman voice over talent yang baik memang penting, tapi hal tersebut hanyalah permulaan. Sebagai klien, kamu juga harus memastikan bahwa layanan lain seperti administrasi, jumlah dan waktu revisi yang tersedia, serta fasilitas penunjang lain seperti cloud system atau remote recording juga tersedia. Apapun yang memudahkanmu harus bisa kamu dapatkan ketika memakai jasa agensi voice over.

 

3. Studio dan Alat Rekaman yang Digunakan

Agensi voice over mana pun yang mengaku sebagai sebuah agensi profesional, pastinya akan memiliki studio rekaman sendiri. Studio yang dimiliki pun harusnya sudah berstandar broadcast, bukan sembarang studio rumahan. Hal ini juga berarti bahwa semua peralatan rekaman dan sumber daya yang ada di dalam studio tersebut haruslah berstandar profesional. Studio dan alat yang baik adalah bonus yang cukup besar untuk klien. Karena selain memastikan kualitas, kamu tentu tidak perlu menginvestasikan banyak uang untuk membeli sendiri peralatan rekaman khusus yang harganya lumayan mahal.

Selain itu, agensi voice over juga harus memiliki sound engineer profesional yang dengan hati-hati dan cermat mengedit suara yang tidak perlu. Mereka juga akan memastikan tidak ada kesalahan pembacaan selama produksi dan siap membantu dalam proses perekaman.

 

4. Legalitas dan Bentuk Usaha

Mungkin hal ini terkesan klise dan berlebihan. Tetapi di Indonesia, salah satu masalah utama dari sebuah badan usaha adalah menanamkan atau membangun kepercayaan. Legalitas tentu saja membantu untuk memberikan jaminan tersebut. Pastikan legalitas agensi voice over yang kamu pilih sebelum bekerja sama, agar ke depannya, bisa memudahkanmu dalam urusan administrasi seperti pajak, tagihan dan lain-lain.

 

5. Portofolio Project yang Pernah Dikerjakan

Sekali lagi, cara termudah untuk menentukan baik-tidaknya sebuah agensi voice over adalah dengan melihat portofolio mereka. Perhatikan berapa jumlah klien yang sudah bekerja sama? Klien seperti apa yang sudah bekerja sama? Bagaimana hasil dari pekerjaan yang sudah dilakukan? Bagaimana testimoni dan review dari pekerjaan yang sudah dilakukan?

Bagaimana pun juga, portofolio adalah cara yang baik untuk menunjukkan kompetensi sebuah agensi. Maka jangan pernah ragu untuk melihat portofolio dari sebuah agensi sebagai “perkenalan” untuk selanjutnya memulai dialog dan bekerja sama dengan mereka.

 

***

 

Audio di dalam media, khususnya produk audio-visual, sering dianggap remeh. Jangan pernah membuat kesalahan yang sama! Ada bukti bagus bahwa banyak penonton yang akan berhenti memperhatikan atau bahkan mematikan video ketika kualitas suara di dalamnya terdengar jelek. Begitu banyak hal yang dikomunikasikan melalui suara sehingga diperlukan kejernihan dan polesan sedemikian rupa mulai dari kata hingga kualitas teknisnya.
 
Dengan sebagian besar perusahaan sekarang berkembang begitu cepat, penting bagimu untuk merencanakan bagaimana tetap berada di depan para pesaing dengan profesionalisme penuh di semua elemen. Lupakan stigma soal mahal dan sulitnya menggunakan jasa agensi voice over! Karena kami di Inavoice, sebagai salah satu agensi voice over terbaik di Indonesia, sudah membuktikan bahwa layanan yang kami berikan sangat sepadan dengan harga yang kamu keluarkan. Karena kami sadar harus ada perubahan baik yang dilakukan agar industri ini tetap bertahan.
 
Seperti slogan yang berulang kali kami ucapkan, Always remember, You deserve better.