6 Jun 2022     English   |   Bahasa

Brand Anthem Video: Definisi dan Mengapa Kamu Membutuhkannya

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Apa kesamaan lagu, film, dan buku yang sangat bagus? Mereka membangkitkan emosi yang cukup bagi kamu untuk mengingat selamanya (atau setidaknya untuk waktu yang sangat lama). Banyak elemen pendukung yang bisa membuat sebuah brand anthem menjadi baik dan tepat guna. Mulai dari naskah voice over, pilihan voice over talent yang tepat hingga pemilihan visual yang oke menjadi kewajiban bagi para kreator untuk mendapatkan efek yang sempurna. Intinya adalah, sebuah brand anthem, bila dilakukan dengan benar, bisa melakukan hal yang sama dengan lagu, film dan buku-buku yang pernah kamu ingat sebelumnya.
 
Brand anthem adalah salah satu hal terpanas dalam pemasaran saat ini, meskipun hal itu tidak selalu merupakan hal yang terbaru. Brand anthem juga dikenal sebagai manifesto merek. Anthem sudah ada selama bertahun-tahun. Baik kamu terbiasa dengan konsep tersebut atau baru mempelajarinya sekarang, brand anthem tetap menjadi cara yang baik untuk mengungkapkan dan membagikan jiwa dari brand atau bisnis yang kamu punya.
 
Voice over pastinya memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kesuksesan sebuah brand anthem. Geliat industri voice over Indonesia yang sangat bergairah akhir-akhir ini tentu bisa menjadi salah satu jawaban baik untuk klien atau kreator yang ingin melakukan berbagai macam trik marketing berbasis audio. Inavoice sebagai salah satu pionir terdepan untuk jasa voice over di Indonesia tentunya sudah sangat siap untuk membantu para klien yang ingin menciptakan brand anthem untuk produk atau jasa mereka. 
 

Apa itu Brand Anthem?

Brand anthem adalah deklarasi tentang brand yang kamu punya. Brand anthem menyatakan siapa kamu, apa yang kamu perjuangkan dan—mungkin yang paling penting—mengapa brandmu ada. Meskipun kamu mungkin langsung memikirkan sebuah lagu saat mendengar kata “anthem”, kamu tidak akan menemukan lagu apapun yang menggelegar melalui pengeras suara di sebuah pertandingan sepak bola atau perkumpulan partai. Salah satu konten brand anthem yang membuat dampak terbesar dikenal dengan brand anthem video.
 
 
Tidak seperti explainer video yang berbicara tentang bagaimana, atau iklan komersial yang memberi tahu penonton semua hal tentang apa, brand anthem video berfokus pada alasan mengapa sebuah brand ada. Brand anthem harus bisa mencapai ke dalam jantung semangat dan tujuan brand, dan kalau kamu bisa memberikan hal tersebut kepada audiens, brand anthem akan menjadi sebuah deklarasi yang kuat.
 

Contoh dari Brand Anthem

Salah satu cara terbaik untuk mengerti inti dari brand anthem video adalah dengan melihat secara langsung, seperti contoh video yang baru-baru ini kami kerjakan ini:
 
 
Video digital ads dari bank BSI ini hanya berdurasi 1 menit saja. Tetapi bahkan kami dan saya yakin audiens lain juga tidak mendapatkan petunjuk tentang produk atau perusahaan di balik video tersebut, hingga masuk ke detik 33 dari klip tersebut. Hal ini bisa terjadi karena video yang ditampilkan bukan tentang ‘produk’ atau ‘perusahaan’ yang ingin ditonjolkan. Tetapi ini semua tentang tujuan di balik produk perusahaan dan alasannya. Misalnya pesan dalam video ini adalah, “mengapa kamu harus menabung dana untuk masa pensiun?” Karena hidup akan terus berjalan meskipun kamu sudah menyelesaikan ‘masa bakti’ untuk bekerja, dan produk BSI syariah bisa menjadi solusi untuk menghindarkan ketakutan kebanyakan umat muslim akan riba dari bank konvensional dengan tabungan bersistem syariah. Atau, seperti yang diringkas dengan manis oleh perusahaan: “BSI Pensiun Berkah, Hidup Semangat, Penuh Berkah.”
 

Apa yang Dilakukan Brand Anthem

Salah satu efek paling jelas dari brand anthem yang dibuat dengan baik adalah kemampuannya untuk membuat hubungan emosional dengan penonton. Emosi adalah kekuatan ampuh yang bisa:
 
  • Menjadikan brand lebih mudah diingat, dengan orang-orang mengingat hal-hal yang membangkitkan emosi jauh lebih mudah daripada mereka mengingat deretan statistik atau fakta
  • Mendapatkan lebih banyak perhatian, baik untuk perusahaan maupun konten yang kamu punya; orang-orang sangat suka berbagi video yang membuat mereka merasa hangat, berdaya, dan semuanya baik-baik saja
  • Menciptakan pelanggan baru, karena emosi adalah kekuatan pendorong yang lebih besar di balik keputusan pembelian daripada logika atau pemikiran rasional (meskipun orang suka berpikir bahwa mereka membuat keputusan pembelian berdasarkan logika)
  • Memperkuat ikatan dengan pelanggan yang sudah ada, menghasilkan peningkatan loyalitas pelanggan dan pendukung brand yang antusias
 
Poin-poin tersebut hanyalah manfaat ke luar untuk brand yang kamu punya. Secara internal, brand anthem juga bisa menyatukan karyawan di belakang tujuan tertentu sambil meningkatkan antusiasme dan dorongan.
 

Cara Membuat Brand Anthem

Sekarang setelah kamu mengetahui apa itu lagu kebangsaan merek dan mengapa hal itu penting bagi setiap perusahaan dan brand untuk memilikinya, kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya? Yang bisa kami katakan adalah, sama seperti Roma yang tidak dibangun dalam sehari, begitu juga dengan brand anthem.
 
 
Langkah pertama adalah kamu benar-benar duduk dan memikirkan mengapa perusahaan atau brandmu ada, dan sebagai catatan, hanya ‘menghasilkan uang’ bukanlah sebuah alasan yang bagus untuk menghasilkan brand anthem.
 
Pikirkan hal-hal berikut:
 
  • Siapa brandmu?
  • Apa hal yang kamu tekuni?
  • Mengapa kamu melakukan apa yang kamu lakukan?
  • Apa kekuatan pendorong di balik keberadaan dirimu?
 
Jangan ragu untuk menuliskan semua yang terlintas dalam pikiran, karena perusahaan bisa menjadi sebuah entitas yang kompleks. Tetapi begitu kamu memiliki banyak catatan dan pemikiran yang dikumpulkan, penting untuk menggabungkan semuanya menjadi pesan tunggal dan terpadu.
 
Pikirkan contoh video di atas: "Hidup Semangat, Penuh Berkah."
 
Apakah ada tagline, tujuan, atau pernyataan misi tertentu yang merangkum perusahaan atau brandmu? Identifikasi hal tersebut. Buat rangkuman. Kemudian buat video yang mendukung hasil dari rangkuman tersebut.
 

Elemen Kunci dari Video Brand Anthem yang Efektif

Brand anthem video bisa sangat bervariasi, dari yang sangat sensasional hingga yang lugas dan membumi. Terlepas dari gaya tertentu atau pesan tertentu, semua yang luar biasa memiliki sejumlah elemen umum yang sama.
 
 

Muatan Emosional

Anda ingin membuat video yang membuat pemirsa berkata, "Wow." Meninggalkan pelanggan yang sudah ada dengan rasa bangga yang kuat untuk dikaitkan dengan merek Anda. Buat calon pelanggan bersemangat untuk mempelajari lebih lanjut tentang bisnis Anda. Lewati fakta dan angka untuk fokus pada perasaan.
 

Ringkas dan Jelas

Kamu tidak perlu banyak bicara untuk memiliki banyak dampak. Ingatlah pesan utama dan pastikan setiap elemen dalam videomu mendukungnya. Jangan menyimpang atau membebani video dengan info yang tidak perlu. Pesan yang jelas dan ringkas sering kali merupakan pesan yang paling menarik.
 

Fokus pada Cerita, Bukan Penjualan

Tentu, produk dan layanan milikmu hadir dengan manfaat dan fitur yang luar biasa. Tapi brand anthem video bukanlah tempat untuk membagikannya. Akan lebih baik kalau kamu membuat platform tempat sebuah cerita terungkap, platform yang tujuan akhirnya adalah membantu para audiensmu untuk mencapai kebahagiaan selamanya.
 

Visual yang Menarik dan Berkualitas Tinggi

Video memberikan kesempatan untuk menampilkan visual yang menawan. Manfaatkan itu. Baik kamu menggunakan cuplikan dramatis dari pemandangan alam atau foto keluarga bahagia yang menggemaskan, berikan pemirsa sesuatu yang menarik untuk ditonton.
 

Narasi yang Sempurna

Brand anthem milikmu akan menampilkan semua hal tentang brandmu. Itu berarti kamu membutuhkan suara yang tepat untuk menyampaikan pesan yang kamu punya dengan benar. Ini berlaku untuk gaya dan nada naskah di dalam video, serta narasi suara dari produk milikmu. Jangan tanggung pada salah satunya. Lakukan hal tersebut dengan seorang profesional yang bisa melakukannya dengan benar.
 

Voice Over untuk Brand Anthem Video

Meskipun narasi voice over penting dalam semua jenis video dan iklan, akan menjadi lebih penting lagi ketika digunakan untuk mendukung brand anthem. Hal tersebut dikarenakan pengisi voice over talent dituntut untuk melakukan tugas ganda. Suara yang mereka hasilkan harus:
  1. Mencocokkan nada dan gaya pesan yang kamu inginkan
  2. Mendapatkan emosi yang kuat untuk target audiens
Pikirkan baik-baik tentang jenis suara yang mungkin bisa melakukan keduanya untuk perusahaan atau brandmu, dan mintalah banyak audisi khusus selama proses pra produksi. Apakah brand anthem milikmu paling cocok dengan suara wanita dewasa yang sedang serius? Atau suara lelaki tua beruban yang bijaksana? Kamu akan mengetahuinya saat mendengarnya. Hal-hal tersebut akan selaras sempurna dengan visual, musik, dan pesan yang ingin kamu sampaikan, dan jika dilakukan dengan benar, brand anthem video milikmu akan membuat kamu tersentuh dan merinding. Lakukan hal yang sama untuk audiensmu.