15 Apr 2021     English   |   Bahasa

Contoh Naskah Voice Over Indonesia Part 2

  1. Home
  2. Script for Voice Over Sample

Sebagai voice over enthusiast, tentunya anda akan terus mencoba untuk mengembangkan diri anda. Proses pengembangan diri pada voice over enthusiast pun bermacam-macam, mulai dari mencari-cari naskah voice over yang bisa digunakan untuk melatih cara membaca anda, mulai banyak mempelajari tentang cara merekam, editing, mixing, dan mastering, belajar melakukan lip sync (khususnya bagi yang ingin belajar dubbing), melatih pernafasan, hingga mempelajari cara menggunakan Digital Audio Workstation / software perekaman audio standard industri.

Wow, banyak sekali ya yang perlu dipelajari? Betul banyak sekali yang perlu dipelajari bila anda ingin sukses di industri voice over Indonesia. Seperti yang pernah kami bilang di banyak blog sebelumnya, menjadi voice over talent terkesan mudah, namun sebenarnya tidak benar-benar mudah. Layaknya seorang musisi yang handal bermain alat musik, anda harus mengasah skill-skill penunjang agar mampu bersaing dengan rekan sesama voice over talent agar mendapat ‘panggung’.

Seperti yang telah kita ketahui, banyaknya hal yang perlu dipelajari ini tidak melulu harus dilakukan dalam waktu yang cepat, dan dalam satu waktu. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan latihan cara membaca voice over yang baik dan benar sesuai dengan karakter anda. Mengapa harus disesuaikan dengan karakter anda? Karena setiap orang memiliki karakter, dan cara membaca yang berbeda-beda.

Anda perlu memahami bahwa setiap orang memiliki jenis suara, click (jeda pembacaan), tonal suara andalan, dan intonasi yang berbeda-beda. Itulah mengapa dengan banyaknya voice over talent yang saat ini ada di pasar industri voice over, selalu ada kesempatan bagi anda untuk bersaing dengan orang lain. Namun yang perlu anda ingat adalah, bagaimanapun bila anda tidak pernah melatih cara membaca anda, anda tentunya tidak akan menemukan jenis suara, click, tonal suara andalan, dan intonasi khas milik anda.

Lantas bagaimana melatih cara membaca? Melatih cara membaca bisa dibagi menjadi beberapa hal, mulai dari memberi tanda baca pada naskah yang anda miliki (akan sangat baik bagi anda bila anda memahami format dan contoh script voice over yang baik yang biasa di tuliskan oleh client bagi para talent), melatih berbagai bacaan yang anda temui dengan berbagai intonasi dan style voice over, bahkan mendengarkan banyak referensi voice over juga bisa disebut sebagai berlatih membaca.

Jelas bahwa berlatih memberi tanda baca merupakan cara melatih membaca yang efektif karena anda akan memberikan tanda dimana anda akan melakukan emphasis, perubahan tonal, berhenti sebentar, dan total berhenti. Membaca berbagai teks dengan gaya dan intonasi merupakan salah satu cara yang efektif juga untuk menemukan style membaca voice over anda karena dengan ini anda akan selalu sigap dengan apapun naskah yang akan diberikan client. Terakhir, mendengar banyak referensi voice over, hal yang terkesan underrated ini memiliki peranan penting pada perkembangan anda sebagai voice over talent.

Tentunya sebagai voice over talent awalan, ada baiknya anda mengikuti atau impersonate voice over yang sudah tayang untuk mengerti bagaimana melakukan penjedaan, melatih intonasi dan tonal, karena sesuai dari arti voice over sebagai talent kita harus mampu memberikan nyawa pada naskah yang kita baca.

Selain itu anda harus mampu memisahkan mana contoh voice over yang baik, dan mana yang tidak berdasarkan banyaknya referensi voice over yang beredar. Tidak hanya intonasi dan cara bacanya saja, namun juga harus bisa mendengarkan kualitas audio voice over yang baik, dan yang tidak.

Namun yang paling penting dari melatih membaca adalah anda harus memiliki banyak contoh naskah voice over yang bisa anda pakai untuk melatih pembacaan voice over anda. Sedikit insight dari salah satu voice over talent senior yang pernah membicarakan awal karir sebagai voice over talent dengan kami, sebelum era internet, dia yang selalu haus untuk melatih cara membaca voice over pada akhirnya membaca setiap teks yang didapat dengan gaya voice over, baik dengan menggunakan koran, baliho pinggir jalan, apapun.

Lucunya, di era modern dengan kemudahan akses pada apapun, banyak sekali voice over talent yang mengeluhkan bahwa mereka kesulitan untuk menemukan contoh naskah voice over yang dapat digunakan untuk melatih cara membaca mereka.

Kami sadar betul dengan hal ini, maka dari itu, sebagai follow up contoh naskah yang pernah kami upload sebelumnya, kami akan membagikan kembali beberapa contoh naskah, khususnya naskah berbahasa Indonesia yang mungkin dapat anda gunakan untuk melatih teknik-teknik voice over anda, atau bahkan untuk membuat sample voice over. Berikut adalah beberapa contoh naskah voice over yang dapat anda gunakan :

Baca Juga (klik pada judul) :

Inavoice.com - Contoh Naskah Voice Over Part 1

Inavoice.com - Tips Memilih Alat Perekam Voice Over

Inavoice.com - 4 Tips Membuat Podcastmu Menghasilkan Uang


Klik icon di atas untuk mengunduh naskah dalam bentuk dokumen.


 

1. Indonesia Formal 1

Banyak resiko jika anda tidak pernah melatih skill membaca anda!!

Kini memaksimalkan teknik voice over anda bisa lebih mudah dengan Inavoice.com – Digital Voice Over Agency & Audio Marketplace terbesar di Indonesia.

Cukup dengan membaca insight dalam website kami, anda akan menemukan banyak hal seperti kebaruan informasi voice over, contoh naskah voice over, dan informasi lain seputar dunia voice acting, dan sebagainya.

Berbagai fitur lain yang dapat anda dapatkan melalui website kami adalah, anda bisa mengakses kolom message yang ada untuk menanyakan apapun tentang dunia voice over pada admin kami.
Apapun!

 

2. Indonesia Formal 2

Dedikasi Inavoice sebagai Voice Over Agency yang lahir dari semangat
 
Semangat untuk membantu anda menjadi lebih baik melalui kualitas produk dan kualitas berstandar broadcasting.
 
Dari waktu ke waktu, Inavoice telah bekerja sama dengan berbagai Brand maupun Perusahaan-perusahaan ternama.
 
Kini seluruh jasa Inavoice, baik Voice Over, Audio Marketplace, maupun Music Production siap memenuhi kebutuhan Client, baik dalam maupun luar negeri.
 
Tak hanya Client, Inavoice juga membantu para Voice Over talent dalam memperkenalkan mereka kepada calon Client yang berada di seluruh belahan dunia yang belum pernah disentuh sebelumnya.

 

3. Indonesia Formal 3

Dari masa ke masa, Inavoice senantiasa menjadi salah satu penopang pembangunan industri voice over yang melahirkan voice over talent dan memberikan kualitas terbaik untuk anda.
 
Kami selalu semangat untuk berkontribusi dalam membangun industri voice over menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya.
 
Dedikasi dan komitmen tinggi Inavoice terhadap pembangunan industri voice over, tercipta dari semangat bekerja dan berkarya menghasilkan produk dan layanan terbaik standar dunia.

 

4. Public Service Announcement 1

Mohon kepada para peserta seminar voice over untuk segera masuk ke dalam ruang kelas, karena acara akan segera dimulai.

Silahkan untuk menempati tempat duduknya masing-masing dan mempersiapkan diri.

Mohon untuk fokus dan memperhatikan selama acara berlangsung.

Silahkan mengaktifkan mode senyap/silent pada alat elektronik masing-masing.

 

5. Public Service Announcement 2

Para Voice Over Talent yang terhormat, beberapa saat lagi kami akan mengadakan latihan simulasi sesi Recording.

Mohon abaikan alarm berikut hingga informasi lebih lanjut.

Latihan ini hanya ditujukan bagi Voice Over Talent.

 

6. Indonesia Casual 1

Mau mengirimkan data project voice over ke luar negeri tapi gak mau ribet?

Jadi tunggu apalagi gunakan Inacloud sebagai partner anda dalam cloud computing system

Info lebih lanjut silahkan Anda mengunjungi www.inavoice.com

Atau menghubungi nomor telepon di video ini.

“Inacloud Partner Cloud Computing System Anda”

 

7. Indonesia Casual 2

Inavoice…
Selalu berinovasi untuk terus menghasilkan Jasa dan Layanan Audio terbaik sesuai dengan kebutuhan anda.
 
Kini...
Inavoice mempersembahkan WPM Atau Words Per-Minute Calculator
Words Per-Minute Calculator dibuat untuk teman-teman agar dapat membuat naskah secara maksimal dan durasi yang tepat.
 
Bukan itu saja, Words Per-Minute Calculator juga bisa menghitung durasi naskah yang kamu buat dengan berbagai Style! Dari Casual, Dramatic, Formal, atau Young & Energetic.
 
Yakin engga mau coba?

 

8. Indonesia Casual 3

Melakukan rekaman sendiri memanglah oke
Tapi pernah ga sih kamu ngerasa kesusahan saat editing, mixing & mastering?
 
Gliran udah jadi, eh editingnya kurang oke.
Editing udah oke, eh mixing & Masteringnya kurang cocok
 
Hmm…Pusing kepala
 
Tenang aja..
Ada Inavoice yang bisa bantu maksimalin kualitas audio kamu!
 
Cukup kasih brief dan audio kamu, sisanya kami yang urus

 

9. Storytelling 1

Istri saya sedang melakukan proses inseminasi buatan, atau yang lebih dikenal dengan bayi tabung di Malaysia.

Setelah medical check up keseluruhan dilakukan, dokter mengatakan bahwa istri saya harus menginap selama 1 bulan di rumah sakit untuk bisa melaksanakan keinginannya

Setelah kami hitung kembali, biaya hidup kami selama 1 bulan di malaysia, dan biaya melakukan bayi tabung berjumlah cukup besar, yaitu sekitar 200 juta.

200 juta? bagaimana cara saya membawanya ke malaysia?

Saya menceritakan masalah ini kepada teman saya dan beliau mengingatkan bahwa uang yang boleh kita bawa dalam sekali penerbangan, maksimal hanya 100 Jt rupiah.

 

10. Storytelling 2

Saya seorang anak nelayan yang dibesarkan di daerah reklamasi.
 
Dulu, saya selalu melihat ayah pergi ke laut di malam hari untuk menyiapkan kapalnya untuk berangkat berlayar.
 
Tidak setiap hari ayah pulang membawa ikan.
 
Terkadang ayah sedih karena sedikit ikan yang di dapat.
 
Kini saya baru tahu ternyata menjadi nelayan di perairan daerah reklamasi sangat susah.

 

11. E-Learning 1

Langkah Pertama.

Download Inavoice Mobile application di App Store dan Google Play, daftarkan diri anda sebagai Client, dan log in.

 

Langkah Kedua.

Upload data project terbaru anda dan isi formulir yang tertera. Dengan kemampuan AI dan search algorithm, Inavoice Mobile Application akan menginformasikan kepada Anda siapa voice over talent yang sesuai dengan kriteria project voice over anda.

 

Langkah Ketiga.

Pilih talent yang sesuai dengan kebutuhan anda.

 

Langkah Keempat.

Click thumbnail request quote pada pilihan talent yang ada, dan tunggu notifikasi lanjutan dari tim Inavoice mengenai pesanan anda.

 

12. E-Learning 2

Jika dalam satu script terdiri dari 1300 kata, maka berapakah durasi voice over tersebut dengan menggunakan speed medium (130 bpm)?
 
Yang perlu kamu ingat adalah rumus untuk menemukan durasi yaitu,
 
Jumlah Kata : Speed Membaca = Durasi (Dalam Menit)
 
Mari kita masukan angkanya kedalam rumus tersebut.
 
Selamat mencoba!

 

13. IVR 1

"Tekan Sembilan Untuk Metode Pembayaran"

 

"Tekan Satu Untuk Citibank"                                                                                                                                                            

"Tekan Dua Untuk BNI"                                                                                                                                                     

"Tekan Tiga Untuk BRI"                                                                                                                                                      

"Tekan Empat Untuk Bank Mandiri"                                                                                                                                                               

"Tekan Lima Untuk Bank Danamon"                                                                                                                                                               

"Tekan Nol untuk pilihan Bank lainnya"                                                                                                                                                         

                                                                                                                                                               

"Tekan Satu Untuk GO-PAY"                                                                                                                                                             

"Tekan Dua Untuk OVO"                                                                                                                                                   

"Tekan Tiga Untuk Shopee Pay"                                                                                                                                                      

                                                                                                                                                               

"Tekan Satu Untuk Kendala Perangkat"                                                                                                                                                         

"Tekan Dua Untuk Kendala Koneksi signal perangkat keras perekaman"                                                                                                                                               

"Tekan Tiga Untuk Kendala Transaksi"                                                                                                                                                           

"Tekan Nol Untuk Kendala Lainnya"                                                                                                                                                               

                                                                                                                                                               

"Tekan Satu Untuk Permintaan Penundaan Pembayaran"                                                                                                                         

"Tekan Dua Untuk Informasi Seputar Voice Over Lainnya"

 

14. IVR 2

“Selamat datang di Inavoice, Digital Agency Voice Over Pertama di Indonesia. Kami adalah Penyedia jasa Audio terlengkap di Indonesia. Informasi yang disediakan dalam layanan ini dapat anda temukan dalam situs kami di www.inavoice.com“
 
“Untuk layanan dalam bahasa Indonesia, tekan 1“
 
“Jika anda ingin melaukan pemesanan voice over, bisa menggunakan layanan contact us via Website kami. Butuh yang lain, dapatkan bantuan dan layanan secara personal dari staf terlatih kami.“
 
“Kepada pemesan voice over yang terhormat, mulai hari ini 01 April 2021, pemesanan Voice Over dilakukan via website kami. Silakan kunjungi situs kami untuk melakukan pesanan Anda di https://inavoice.com/contact.php“

 

14 contoh naskah di atas merupakan naskah yang dapat anda gunakan baik untuk melatih cara membaca voice over, ataupun merekam sample suara voice over yang bisa anda kirimkan ke berbagai platform voice over marketplace yang ada di Dunia. 6 contoh naskah yang telah disesuaikan dengan kategorinya ini diharapkan mampu menambah banks naskah voice over sebagai referensi yang paling tepat untuk berlatih dan mengirimkan sample suara sesuai dengan klien yang nantinya akan menggunakan jasa anda. Inavoice berharap dengan adanya beberapa contoh naskah di atas, kami sedikit mereduksi kesulitan anda dalam mencari contoh naskah voice over. Untuk mendownload naskah berformat .jpg agar bisa diakses langsung melalui handphone anda, silahkan download image dibawah.