16 Sep 2021     English   |   Bahasa

Definisi dan Keuntungan Menggunakan Voice Over Talent Profesional

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Summary : Voice over talent adalah orang yang berprofesi membacakan naskah yang telah ditulis oleh script writer, dengan tujuan untuk menyampaikan pesan pada target audiens. Voice over talent di Indonesia biasa disebut juga sebagai pengisi suara, voice talent, talent voice over, voice actor. Voice over talent yang baik wajib memiliki banyak skill yang menunjang, seperti menguasai beberapa tonal suara, menguasai beberapa intonasi, emphasis, mampu menterjemahkan brief dengan cepat, memiliki cara membaca yang baik, dan mampu menjeda naskah dengan baik. Dengan skill set ini, diharapkan client yang menggunakan jasanya mendapatkan berbagai macam keuntungan.
 
Keynote Blog Definisi dan Keuntungan Menggunakan Voice Over Talent Profesional :
1. Definisi Voice Over Talent Profesional
2. Keuntungan Menggunakan Voice Over Talent Profesional
    a. Pengalaman Adalah Kunci Keberhasilan
    b. Cari yang Terbaik dari yang Paling Baik
    c. Voice Over Talent Profesional adalah Partner yang Dapat Diandalkan
    d. Terkesan Mahal, tapi Beneran Mahal?
 
Dimasa sekarang, kita bisa dengan mudah menemui seseorang yang memiiliki suara menarik secara natural. Baik melalui sosial media, ataupun memilih teman sendiri untuk menarasikan project seperti Company Profile, Video Sosial Media, Presentasi, atau bahkan iklan sekalipun.
 
Hal-hal yang disebutkan di atas tidaklah salah, karna pasti sudah melalui banyak pertimbangan seperti budget, melaksanakan pilot project untuk banyak project kedepannya, atau bahkan project untuk mendapatkan engagement di sosial media seperti baru mulai merintis Channel Youtube, Instagram TV, dan di banyak platform sosial media lainnya.
 
Namun tidak ada salahnya bukan untuk mempertimbangkan menggunakan jasa talent profesional yang sudah malang melintang di industri voice over indonesia? Dikutip dari Dailysocial.id, Karena luasnya diferensiasi produk voice over saat ini, menggunakan tenaga profesional dapat ditujukan untuk menjaga kualitas audio yang teman-teman produksi. Juga setidaknya teman-teman akan merasa lebih aman dan nyaman bila menggunakan jasa profesional. 
 
Hal ini dapat ditujukan untuk menunjang profesionalitas disetiap usaha yang kamu lakukan. Setiap pilihanmu tentunya akan menentukan bagaimana citra dirimu di hadapan client. Untuk itu, pilihlah jasa profesional untuk mengisi suara kontenmu. Lantas, apa sih definisi voice over talent profesional menurut Inavoice? Apa Keuntungan menggunakan jasanya? Yuk kita simak penjelasannya di bawah ini :
 

1. Definisi Voice Over Talent Profesional

Voice over talent professional adalah pembaca naskah voice over yang telah diproduksi oleh script writer. Voice over talent merupakan striker dari sebuah produk audio visual yang menggunakannya. Hal ini dikarenakan naskah yang telah ditulis harus dibacakan sebaik mungkin oleh voice over talent agar dapat menyampaikan pesan secara tepat sasaran.

Peran voice over talent begitu penting dalam sebuah produk audio visual. Sehingga untuk menjadi voice over talent professional, seseorang harus mampu menguasai beberapa macam teknik, seperti teknik pernafasan, intonasi, emphasis, smiley voices, membaca naskah, dan menerjemahkan brief dengan cepat. Teknik ini digunakan untuk memastikan bahwa sebuah project dapat berjalan dengan lancar.

Sehingga, bila teman-teman bertanya apa sih ciri-ciri voice over talent profesional? Kita dapat menjawabnya dengan ciri-ciri berikut ini :

1. Berpengalaman dan memiliki jam terbang (dapat di check melalui portofolio pekerjaan)
2. Tergabung dalam Agency, Marketplace, atau Komunitas voice over untuk menjamin kualitas voice over talent tersebut
3. Menguasai teknik-teknik yang tertulis di atas
4. Tepat untuk mewakili suara dari produk audio visual yang sedang anda kerjakan.

Apa lagi yang dicari dari professional voice over talent kalau bukan dari kelancaran sebuah produksi vo? Betul kan?

 

2. Keuntungan Menggunakan Voice Over Talent Profesional

Tentunya membayar gaji voice over talent berbakat dan profesional sedikit lebih mahal merupakan hal yang baik dilakukan bila menengok dari unsur keuntungan yang akan didapat. Lantas, apa yang akan didapat bila kita menghire nya? Yuk kita check keuntungannya di bawah ini :

a. Pengalaman Adalah Kunci Keberhasilan

Tanpa menyudutkan voice over talent dengan pengalaman atau jam terbang yang rendah, tentunya memilih voice over talent berpengalaman dengan jam terbang yang sudah cukup bisa memberikan nyawa bagi tulisan narasimu. Dinamika intonasi, cara memenggal kalimat yang disesuaikan dengan tujuan penulisan narasi merupakan hal-hal yang akan membuat narasimu menjadi lebih berwarna dan hidup!

 

b. Cari yang Terbaik dari yang Paling Baik

Tidak semua orang memiliki kesempatan kedua, sehingga tunjukanlah yang paling baik untuk segalanya. Begitu pula dalam pengerjaan sebuah project voice over, apakah kamu sudah mempertimbangkan bahwa kamu bisa mendapatkan suara yang paling baik, dari hanya sekedar ‘ada’ yang membacakan narasi? Kalau hanya sekedar pertimbangan budget, Inavoice.com siap memberikan banyak pilihan talent mulai dari rentang budget terendah sekalipun.

 

c. Voice Over Talent Profesional adalah Partner yang Dapat Diandalkan

Bekerja bersama orang yang berpengalaman dibidangnya merupakan hal yang tidak dapat dinilai harganya. Setidaknya kamu telah memutus rantai ‘pusing sendirian’ hingga tahapan ini. Talent profesional dapat memberikan pertimbangan mengenai script yang kamu tuliskan, mulai dari cara membacanya, hingga intonasi yang disajikan, agar makna yang kamu tulis dapat disampaikan sesuai dengan keinginan mu.

 

d. Terkesan Mahal, tapi Beneran Mahal?

Menggunakan jasa voice over profesional memang ‘terkesan’ mahal. Namun apakah kamu yakin nilai yang kamu bayarkan itu mahal? Kalau teman-teman masih bingung dalam menentukan harga voice over talent profesional, kami sarankan untuk membaca artikel yang pernah kami tuliskan yang berjudul Cara Menentukan Gaji Penjaja Jasa Voice Over.

Coba bayangkan, berapa revisi yang perlu kamu lakukan bila menggunakan talent voice over yang tidak professional? Apakah kamu sudah bisa menjamin bahwa kualitas audio yang dikirimkan sesuai dengan yang kamu inginkan? Bukankah kamu harus membayar sound engineer profesional untuk mengedit, mixing, dan mastering hasil narasi yang dikirimkan? Jadi berapa total biaya yang harus kamu keluarkan?

Sudah mulai terjawab kan sekarang, bahwa menggunakan talent voice over profesional merupakan investasi yang tepat untuk memulai project kamu.

Referensi : 
1. Wikipedia
2. Good News From Indonesia
3. Dailysocial.id