16 Sep 2021     English   |   Bahasa

Menentukan Harga Jasa Voice Over Talent Professional

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Summary : Harga jasa voice over tentunya ditentukan oleh beberapa hal. Beberapa hal tersebut antara lain, durasi project voice over, lisensi distribusi voice over, depresiasi alat perekaman, durasi waktu produksi dan cakupan pekerjaan voice over. Yuk simak penjabarannya dalam artikel ini.

 

Menjadi bagian dari sebuah agency voice over Indonesia bisa menjadi portofolio tersendiri, dan tentunya bisa mempermudah pekerjaan sebagai voice over talent. Menjadi voice over talent tidak hanya harus piawai dalam membaca sebuah naskah, namun harus mengerti basic editing, mixing, dan tentunya mastering. Lantas, berapa rate yang dibutuhkan untuk membayar seorang voice over talent?

Dalam artikel kali ini, tim Inavoice.com akan membahas hal-hal tabu yang selama ini terkesan dihindari untuk dibicarakan, yaitu cara menentukan gaji penjaja jasa voice over, dan variable apa saja yang mempengaruhinya. Mari kita simak penjelasannya di bawah.

Variable Penentu Harga Jasa Voice Over

1. Durasi Project Voice Over

Durasi Project Voice OverDalam urusan pembacaan voice over, naskah voice over merupakan tools utama yang wajib menjadi perhatian paling penting dalam sebuah project. Script yang dikirimkan oleh client wajib dipergunakan untuk berlatih membaca, memberikan jeda, dan memahami pesan apa yang penting untuk disampaikan sekaligus memberikan penekanan pada pesan-pesan tersebut.
 
Selain itu, script juga dapat digunakan untuk memperkirakan total durasi yang akan dibacakan. Dari sini, tentunya kita mulai bisa memperkirakan berapa rate yang paling tepat untuk sebuah project yang akan berjalan.
 
Cara menghitung durasi cukup mudah, cukup bagi total script dengan 130 untuk kecepatan medium, 100 untuk kecepatan lambat, dan 150 untuk kecepatan membaca cepat. Rumus ini bisa ditilik melalui http://www.speechinminutes.com/

 

2. Lisensi Distribusi Produk Voice Over

Kemana voice over mu akan didistribusikan, atau istilah yang paling tepat dalam menyebut hal ini adalah voice over license atau lisensi project voice over. Ada banyak jenis voice over license, yang paling sering kita ketahui seperti Company Profile, TVC, Radio Ad, Event, dll merupakan salah satu variable penting dalam penetapan rate voice over talent dalam sebuah project.

Hal ini disebabkan karena setiap license tentunya memiliki harga yang berbeda untuk setiap penayangannya. Coba bayangkan, apakah voice over talent akan mematok harga yang sama untuk sebuah voice over dengan tujuan Commercial Used bila dibandingkan dengan kepentingan Event, yang mungkin hanya tayang sekali.

 

3. Depresiasi Alat Perekaman Voice Over

 

Menjadi voice over talent yang baik, tentunya akan sangat peduli dengan investasi peralatan merekam voice over. Alat yang digunakan mulai dari Microphone, Audio Interface, Computer, Acoustic Treatment, dan banyak alat penunjang lainnya tentu memiliki umur dan dalam suatu waktu butuh peremajaan.

Tentunya, dengan menghitung biaya depresiasi alat tersebut, anda wajib menghitungnya sebagai salah satu variable penting yang ada ketika anda mengajukan quotation pada client. Ingat, semakin mahal alat yang digunakan semakin tinggi nilai depresiasinya, dan tentunya, rate yang anda berikan juga akan meningkat. Namun, bukankah semakin banyak investasi yang anda keluarkan untuk alat perekaman, akan menunjang hasil yang lebih baik? Tentu saja :)

 

4. Durasi Waktu Produksi dan Cakupan Pekerjaan Voice Over

Memperhitungkan waktu produksi dan cakupan pekerjaan yang dilakukan merupakan hal yang sering luput masuk menjadi variable penting dalam penentuan rate pekerjaan voice over. Padahal, menghitung waktu produksi dan cakupan pekerjaan yang dilakukan memiliki pengaruh yang sangat besar dalam penentuan rate voice over.

Cakupan pekerjaan seperti berapa kali revisi, apakah perlu melakukan editing, mixing, dan mastering sendiri, juga dengan apakah perlu melakukan syncronasi dengan video tentu memerlukan skill khusus yang perlu dimasukan dalam rate voice over yang ditawarkan.

Juga dengan lama waktu produksi, seperti timeline pekerjaan harus jelas diawal berapa lama, apakah ada kemungkinan mundur, dsb juga tak kalah penting untuk diperhitungkan.

Baca Juga : 10 Alasan Menggunakan Inavoice.com Untuk Memproduksi Voice Over Anda

Perlu dimaklumi bahwa harga jasa voice over akan terkesan mahal, karena cakupan pekerjaan yang dilakukan voice over talent tidak sekedar membacakan narasi, namun banyak tetek bengek yang harus dipertimbangkan. Tentunya, inavoice.com hadir untuk mempermudah pekerjaan voice over talent, dan menjadi penengah antara voice over talent dan client.

Dengan jaminan hasil audio yang memuaskan karena ditangani oleh sound engineer profesional untuk voice over, inavoice.com juga hadir untuk mempermudah talent agar tetap berfokus pada tugas utamanya, yaitu menyampaikan pesan dalam script yang telah ditulis.