9 Apr 2021     English   |   Bahasa

Cara Melakukan Produksi Voice Over Bersama Inavoice.com

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Keynote Cara Melakukan Produksi Voice Over Bersama Inavoice.com :

1. Berilah Deskripsi Job Voice Over yang Lengkap
2. Lakukanlah Audisi Voice Over Talent
3. Proses Pembayaran Project Voice Over
4. Proses Produksi Voice Over
5. Proses Post Produksi Voice Over

 

Mengerjakan project audio / audio - visual memiliki tantangan tersendiri untuk dilakukan. Pasalnya, entah anda berposisi sebagai penulis naskah ataupun producer konten yang akan diproduksi, anda akan selalu bekerja sama dengan banyak orang untuk menyajikan konten tersebut.

Akan selalu banyak input yang anda terima untuk membuat konten anda menjadi yang paling baik. Selain itu, anda akan berurusan dengan orang-orang yang professional dibidangnya, baik tim visual, tim audio, dan tentunya anda juga akan berurusan dengan banyak voice over talent professional ketika anda melakukan audisi.

Lantas bagaimana cara anda untuk memilih talent yang terbaik bagi project anda? Mari kita ulas satu per satu cara memilih voice talent terbaik dan memproduksinya bersama Inavoice.com, yaitu :

1. Berilah Deskripsi Job Voice Over yang Lengkap

Ketika anda telah siap untuk mencari seorang voice over talent yang akan mengisi project anda, pastikan bahwa anda telah memiliki brief yang lengkap untuk menjelaskan deskripsi job voice over yang anda produksi. Brief yang lengkap meliputi :

A. Naskah voice over yang baik

Naskah voice over yang baik tentunya akan mendukung produksi voice over dengan lancar. Sama seperti produksi produk audio visual lainnya, tentunya Inavoice juga membagi proses produksi menjadi 3 bagian, yaitu pra produksi, produksi, dan post produksi. Apa saja yang dilakukan? yuk kita simak di bawah :

Pra-Produksi

Melakukan pra produksi merupakan hal yang penting bagi jalannya produksi voice over. Bagi Inavoice, proses pra produksi tidak perlu bertele-tele, kami hanya membutuhkan sedikit brief mengenai bayangan voice over yang anda inginkan. Kami juga akan menyebutkan terms & condition produksi voice over di inavoice pada saat timeline pra produksi ini. Naskah voice over akan sangat membantu disini, kami akan menggunakan naskah sebagai patokan durasi, dan memberi pilihan talent bila memang anda membutuhkannya.

Produksi

Tentunya kami akan melakukan proses produksi setelah semua clear melalui proses pra produksi. Proses produksi bisa kami lakukan melalui remote recording system, ataupun client visit. Tenang, studio kami telah menyediakan peralatan yang tepat untuk menjaga keamanan di tengah kondisi pandemi seperti ini. Studio yang dilengkapi dengan lampu UV, peralatan cuci tangan, dan juga hand sanitizer.

Pada saat produksi, naskah final akan kami gunakan panduan untuk melakukan perekaman. Pastikan bahwa naskah yang dikirim sudah fix, sehingga proses produksi berjalan lancar. Namun bila ada revisi naskah, kami masih bisa menerimanya. Kami menyediakan revisi 2x dalam 2 minggu untuk perubahan naskah dan beberapa point revisi lain. Untuk revisi editing? kami bisa membantu unlimited dalam 2 minggu.

Post Produksi

Pada saat post produksi, kami akan melakukan proses mixing dan mastering. Pada saat ini, kami akan menggunakan cloud base sistem untuk melakukan pengiriman preview 1 hingga final audio file. Mulai dari proses pra produksi hingga post produksi akan kami lakukan maksimal 24 jam.

 

B. Referensi Intonasi dan Tonal Suara

Referensi Intonasi dan tonal suara, baik untuk diberikan pada saat proses pra produksi pada kami sebagai benchmark produksi voice over pada sebuah project. Tonal suara merujuk pada karakter suara talenta pengisi suara yang anda inginkan, apakah karakter suara yang deep, mid, atau high. Sedangkan Intonasi merujuk pada cara membaca naskah yang telah diberikan, apakah menggunakan  cara membaca yang bersemangat (intonasi high), cara membaca yang calm (intonasi mid), atau cara membaca yang berwibawa (intonasi low).

Kadang, memberi referensi intonasi dan tonal suara menjadi hal yang sulit, maka dari itu, kami sarankan untuk mengirimkan referensi voice over  berdasarkan video voice over yang bisa ditemukan melalui youtube, atau platform video lainnya.

 

C. Segmentasi Target Audiens

Segmentasi target audiens akan sangat penting untuk diberikan pada ranah pra produksi untuk membantu menentukan talent mana yang tepat untuk mengerjakan project voice over ini. Ingat, tugas voice over talent adalah untuk menyampaikan pesan dari sebuah naskah. Melakukan pemilihan talent yang tepat pada target audiens, akan mempermudah proses penyampaian pesan.

Perhatikanlah karakter suara, intonasi yang tepat, segmentasi umur, dan cara membaca yang ditujukan untuk mendekatkan audiens dengan produk yang sedang anda kerjakan. Dengan memperhatikan ini, tentunya anda akan mendekatkan produk anda dengan segmentasi anda.

 

D. Output Distribusi Produk Voice Over

Output distribusi produk voice over secara mudah dapat diartikan sebagai kemana voice over akan ditayangkan. Apakah TV, sosial media, spotify, event, dll. Output distribusi produk voice over merupakan hal yang penting untuk talent menentukan rate voice over yang akan mereka kerjakan.

Hal inipun akan sangat berkaitan dengan proses mastering yang akan dilakukan oleh tim sound engineer Inavoice.com, karena setiap output memerlukan treatment yang berbeda. Terutama dalam proses post production yaitu mastering.

Deskripsi job voice over yang lengkap dalam sebuah rangkaian produksi voice over akan sangat membantu dalam mewujudkan produk voice over yang sesuai dengan keinginan anda. Kami akan sangat siap untuk membantu mewujudkan produk voice over yang anda inginkan.

 

2. Lakukanlah Audisi Voice Over Talent

Setelah anda melengkapi brief untuk voice over project anda, pastikan bahwa anda mendistribusikan brief tersebut dengan pas kepada tim Inavoice. Pastikan juga bahwa anda telah memilih talent melalui page talent. Ada beberapa runtutan cara untuk memilih talent melalui website Inavoice. Cara-cara tersebut antara lain :

1. Kami menyediakan kategori yang paling tepat untuk pencarian voice over talent yang ada disebelah kiri layar browser.
2. Pilihlah kategori yang paling tepat untuk produk voice over anda dengan mencentang kategori yang disediakan
3. Pilihlah voice talent berdasarkan sample voice over yang ada pada setiap page profile talent voice over
4. Setelah menemukan talent yang tepat, anda bisa pilih get quote yang ada di setiap page profile talent
5. Bila anda memiliki lebih dari 1 kandidat, maka lebih baik bila anda menyertakan pada kolom message yang ada di get quote form.
6. Klik send pada get quote form, dan tunggu response dari tim admin kami.

Anda juga diperbolehkan untuk mengajukan audisi untuk talent yang anda pilih, ataupun suggestion talent dari inavoice.com. Audisi berupa membacakan beberapa line dari script yang ada merupakan tools yang tepat untuk anda dapat memastikan talent mana yang ingin anda gunakan untuk project voice over yang akan berjalan.
 

Setelah anda melakukan audisi voice over bagi project yang akan anda jalankan, tentunya anda telah memiliki beberapa pilihan voice actor yang anda rasa akan tepat menjalankan project anda. Berdiskusilah dengan tim internal untuk memilih mana yang paling tepat, baik paling tepat dari segi suara, kemampuan cara membaca, dan komunikasi yang paling baik, maupun paling tepat dari sisi budgeting.

 

3. Proses Pembayaran Project Voice Over

Proses pembayaran project voice over bisa dilakukan setelah anda mendapatkan talenta pengisi suara yang tepat untuk mengerjakan project voice over anda. Setelah anda menemukan talent yang tepat, maka kami akan mengirimkan quotation (penawaran harga).

Kami memberikan 2 opsi sistem pembayaran, yaitu Full front payment yaitu pembayaran langsung sebelum project dilakukan, dan juga sistem pembayaran 2x dalam bentuk front payment dan final payment. Semua bentuk pembayaran akan kami berikan Invoice untuk melakukan tracking pembayaran. Bila anda merasa membutuhkan bentuk administrasi lain, seperti NPWP, Surat Perjanjian Kerjasama, Kwitansi, dan yang lainnya, jangan ragu untuk sampaikan pada admin kami.

 

4. Proses Produksi Voice Over

Setelah anda memilih metode yang paling tepat bagi proses produksi voice over yang anda inginkan, maka tim inavoice akan melakukan produksi bersama talent terpilih. Hasil rekaman sesuai brief yang telah anda berikan akan kami produksi dan kami kirimkan melalui google drive atau dropbox, dan anda mulai dapat untuk melakukan tahapan revisi.

Jangan ragu untuk memberikan revisi, baik melalui whatsapp, email, ataupun telepon kepada tim Inavoice, kami sadar betul bahwa mengerjakan revisi adalah bagian dari pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai engagement audiens sesuai target.

Pun begitu pula dengan voice over talent. Mereka pasti ingin memberi kemampuan maksimal yang dia miliki untuk memenuhi setiap kebutuhan produksi voice over yang diberikan oleh client. Proses revisi yang kami berikan adalah revisi recording 2x, dan unlimited revision editing dalam 2 minggu. sehingga pastikan bahwa anda telah memberikan brief revisi yang lengkap untuk mengupayakan hasil yang maksimal.

 

5. Proses Post Produksi Voice Over

Setelah revisi terlaksana, maka tim sound engineer inavoice.com akan melakukan tahap mastering, untuk memastikan bahwa file akan terdistribusi dengan hasil yang paling maksimal pada tiap kanal distribusi yang anda tuju.

Apa itu kanal distribusi? Kanal distribusi adalah kemana output terakhir dari produk voice over akan didistribusikan. Misalnya, anda memilih digital license, maka mastering output file yang kami berikan akan kami sesuaikan dengan channel distribusi produk seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Tiktok.

Maka dari itu, brief yang tepat pada saat pra produksi merupakan hal yang tidak boleh terlewat karena akan mempengaruhi baik proses produksi, maupun pasca produksi voice over itu sendiri.

 

Konklusi

Nampaknya sudah jelas bahwa proses pemberian briefing dan audisi voice over talent merupakan hal yang paling penting bagi proses penyampaian pesan dalam produk/konten yang akan anda produksi. Bekerja samalah dengan orang yang tepat, tentunya akan mempermudah proses pra produksi hingga pasca produksi produk voice over tersebut.

Pastikan bahwa anda bekerja sama dengan voice over talent, atau agency voice over yang paling tepat, dan dapat mengcover semua kebutuhan produksi voice over anda.

Pilihlah kami, Inavoice.com
We always remember, you deserve better.