25 Jul 2021     English   |   Bahasa

5 Aplikasi Perekam Voice Over Gratis Terbaik

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Perekembangan industri voice over Indonesia begitu cepat. Tak terasa kini industri ini telah mencapai titik dimana setiap orang yang berkecimpung di dalamnya harus berpikir dan bertindak dengan cepat. Berpikir dan bertindak sangat cepat seperti apa? Seperti ketika anda harus mendapatkan panggilan untuk audisi yang membutuhkan sample suara, namun anda tidak bisa merekam suara dengan proper karena sedang dalam perjalanan ataupun karena jadwal studio rekaman sudah penuh.

Hal-hal seperti ini biasa terjadi, dan cukup membuat panik bagi voice over talent karena audisi voice over merupakan hal yang penting untuk mendapatkan job. Bila dengan sangat terpaksa seperti ini, Inavoice.com menyarankan anda untuk merekam sample suara menggunakan handphone.

Tentunya harap membedakan merekam sample suara voice over dengan merekam suara project voice over ya. Merekam sample suara voice over merujuk pada terms audisi, yang mana biasanya client memberikan secuplik paragraf yang harus dibaca dari script atau naskah voice over, sedangkan merekam project voice over merupakan terms yang mengindikasikan bahwa perekaman sudah masuk timeline produksi project voice over.

Menurut kami, merekam sample suara menggunakan handphone merupakan hal yang kurang tepat bila anda menggunakan cara ini untuk melakukan perekaman sebuah project, karena tentunya client membutuhkan hasil terbaik dari produk voice over yang akan dipublikasikan, dan merekam suara menggunakan handphone tidak kami sarankan. Kembali kami ingatkan bahwa merekam suara menggunakan handphone hanya dapat digunakan untuk merekam sample saja.

Ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan untuk merekam suara dengan menggunakan handphone, mari kita bahas pro dan kontranya melalui tabel di bawah ini.

MEREKAM SUARA DENGAN MENGGUNAKAN HANDPHONE

Pro

Kontra

• Cepat

• Flexibilitas Tinggi

• Dapat dilakukan di mana saja

• Layak digunakan sebagai sample suara

• Hasil yang diterima kurang maksimal

• Signal to noise ratio yang rendah

• Memerlukan piranti tambahan agar suara yang direkam lebih maksimal

• Tidak layak digunakan dalam perekaman sebuah project voice over

Dari tabel di atas, jelas kita dapat menyimpulkan bahwa merekam suara dengan menggunakan handphone merupakan hal yang tepat bila digunakan secara tepat, dan menggunakan peralatan yang tepat pula. Satu hal yang perlu disadari bahwa, Signal to noise ratio yang rendah, tentunya mempengaruhi hasil perekaman.

Signal to noise ratio secara singkat dapat diartikan sebagai seberapa besar daya sumber suara (suara kita) dibandingkan dengan dengan noise. Semakin tinggi signal to noise ratio, berarti semakin tinggi pula source dapat direkam dengan baik. Hal ini biasa terjadi, karena Analog to Digital Converter (ADC) yang dimiliki oleh handphone tidak ditujukan untuk merekam suara voice over, namun digunakan untuk menelpon. Sehingga memerlukan beberapa tools tambahan agar suara yang direkam bisa menjadi sedikit lebih baik.

Salah satu peralatan wajib yang harus digunakan untuk merekam suara menggunakan handphone untuk mengirimkan sample audisi voice over online pada klien adalah menggunakan beberapa aplikasi perekam suara. Berikut adalah 5 aplikasi perekam voice over gratis untuk OS Android :

5 Aplikasi Perekam Voice Over Gratis Terbaik

1. ASR Voice Recording

ASR Voice Recording adalah salah satu aplikasi perekam suara yang bisa dibilang lebih dari cukup. Pasalnya, aplikasi ini mampu merekam berbagai format suara yang dibutuhkan, seperti .wav, .mp3, dan .FLAC. Ada beberapa fitur tambahan lain yang bisa anda dapatkan yaitu ruang penyimpanan yang terkoneksi dengan cloud storage dropbox, google drive dan beberapa cloud storage lain.

Terkoneksi dengan cloud storage merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap aplikasi untuk mendukung dinamisnya industri voice over ini. Kapan lagi bisa mendapatkan aplikasi perekaman voice over gratis dengan online cloud storage service.

Download di sini

2. Dolby On

Siapa yang tidak mengenal Dolby? Dolby adalah satu perusahaan audio terkemuka di dunia yang biasa kita jumpai pada kebanyakan bioskop dalam hal surround sound nya. Sebelum terkenal dengan system playback monitor surround-nya Dolby merupakan salah satu perusahaan yang terkenal pada pembuatan noise reduction.

Nah karena itu lah, Aplikasi Dolby On ini memiliki beberapa efek canggih, seperti de-noiser, de-essing, fade in & fade out. Tidak banyak aplikasi gratis yang menawarkan ini, sehingga bila sangat dibutuhkan silahkan mencoba aplikasi ini.

Download di sini

3. Smart Recorder

Smart Recorder merupakan salah satu aplikasi perekaman suara terbaik yang ada di Playstore. Rate di playstore per rilisnya artikel ini adalah 4,7. Hampir semua fitur dimiliki oleh aplikasi ini, mulai dari terkoneksi dengan cloud storage, skipping silence track, dan tentunya gain yang mengatur sensitivitas microphone.

Aplikasi ini dapat menyimpan data secara multi format, dan juga bisa pada sample rate berapa anda akan merekam suara anda. Smart Recorder merupakan salah satu aplikasi perekam yang cukup canggih, dan masih sering mendapat update dari para developer aplikasi ini.

Download di sini

4. Voice Recorder Pro

Voice Recorder pro merupakan pesaing utama dari Smart Recorder. Hampir semua fitur yang dimiliki oleh Smart Recorder juga dimiliki oleh aplikasi perekaman suara ini. Hal yang paling menguntungkan ketika anda menggunakan Voice Recorder Pro adalah Graphical User Interface yang simple, dan mudah untuk digunakan dan letak penyimpanan file secara internal yang juga mudah ditemukan (tidak memerlukan root directory yang ribet). Sayangnya, aplikasi ini hanya bisa didapatkan secara gratis bila anda menggunakan Google Play Pass.

Download di sini

5. BandLab

BandLab adalah salah satu aplikasi pembuat musik yang dibuat untuk handphone. Fiturnya cukup mencengangkan. Misalnya, anda akan mendapatkan 12 channel mixer track, beberapa audio sample, loop, tuner gitar, dan tentunya sebuah track untuk merekam suara. Bila anda ingin merekam voice over dengan menggunakan tools ini, maka anda cukup menggunakan 1 audio track saja, menyertakan beberapa efek di didalamnya, dan tentunya sample suara audisi voice over online anda sudah dapat dikirimkan.

Download di sini

 

Tentunya merekam suara menggunakan handphone merupakan life hack yang bisa dilakukan oleh siapapun. Namun apakah merekam sample suara dengan menggunakan handphone cukup untuk audisi voice over online anda, dan menambah kemungkinan anda untuk mendapat job? Belum tentu, merekam menggunakan handphone pun memiliki beberapa persayaratan khusus agar bisa mendapatkan kualitas yang maskimal. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan hal tersebut? Yuk kita simak di bawah ini :

 

Peralatan Tambahan Untuk Merekam Voice Over di Handphone

1. Menggunakan USB Audio Interface untuk Handphone

Menggunakan USB audio interface merupakan cara jitu untuk mendapatkan kualitas hasil audio perekaman terbaik menggunakan handphone. USB Audio Interface berfungsi untuk melakukan proses converting data analog (sumber suara) ke data digital (binary data) untuk dapat diproses lebih lanjut oleh workstation (dalam hal ini workstationnya adalah handphone).

Kita semua membutuhkan converter ini karena tidak semua ADC bawaan handhpone memiliki kualitas yang bagus, karena tujuan pembuatan ADC pada handphone pun tidak untuk merekam suara berkualitas namun hanya untuk telepon saja. Juga dengan menggunakan USB audio interface untuk handphone ini, anda sudah mendapatkan preamp di dalamnya. Sayangnya USB audio interface untuk handphone yang berkualitas cukup mahal. Salah satu USB audio interface yang dikhususkan untuk handphone adalah IRig Pro IO.

 

2. Menggunakan Mic Pre Amp untuk Handphone

Mic Pre Amp adalah sebuah alat yang digunakan untuk amplify signal listrik menjadi lebih baik. Salah satu mic pre amp yang baik untuk handphone adalah IK Multimedia iRig Pre. Amplifying signal menggunakan pre amp merupakan cara yang paling tepat untuk menghindari noise berlebih dari amplifying signal secara digital.

Sayangnya fungsi mic preamp hanyalah amplifying signal dan tidak berfungsi sama sekali untuk melakukan proses converting data analog pada digital. Oiya, jangan tertipu dengan produk imitasi atau clone dari produk ini ya, karena banyak beredar di pasaran.

 

3. Menggunakan Microphone External

Menggunakan microphone external merupakan sebuah kewajiban. Mengapa? Karena microphone bawaan dari handphone biasanya memiliki limitasi pada perekaman frequensi tertentu, sehingga suara yang dihasilkan kurang baik.

Bila anda menggunakan microphone analog, tentunya anda akan menggunakan usb audio interface, ataupun menggunakan mic pre amp untuk melakukan amplifying suara. Namun bila anda ingin menyingkat routing nya, anda bisa menggunakan USB Microphone. Tentunya usb microphone yang memiliki preamp dan ADC di dalamnya.

Sayangnya, tidak semua usb microphone memiliki karakter suara yang baik, dan memiliki standard kualitas yang biasanya terdapat pada industri broadcasting, sehingga pilihan microphone untuk melakukan perekaman suara biasanya jatuh pada Analog microphone bertipe dynamic seperti Shure SM-7B atau ElectroVoice RE-20.

 

Menggunakan handphone untuk melakukan perekaman voice over merupakan hal yang wajar saat ini. Namun untuk mendapat hasil yang paling baik dan paling pantas untuk dikirimkan pada client, tentunya anda harus menyadari bahwa terdapat limitasi pada penggunaan handphone saat melakukan perekaman. Dengan ditunjang aplikasi perekam voice over gratis yang berkualitas, dan tentunya peralatan yang proper, menggunakan handphone untuk melakukan perekaman suara bisa dilakukan. Pastikan bahwa data yang anda kirimkan hanyalah untuk mengirimkan sample suara / audisi voice over online saja. Bila tiba waktunya untuk melakukan perekaman sebuah project, pastikan anda memberikan yang terbaik bagi client yang menggunakan jasa anda.

Reference :

Signal To Noise Ratio


Klik icon di atas untuk mengunduh artikel dalam bentuk pdf.