22 Jul 2022     English   |   Bahasa

Rumus Ekspansi Brand: Localization Content Menggunakan Voice Over Talent Native

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Menjangkau pasar global menjadi semakin penting bagi perusahaan dan brand dari semua ukuran. Kalau kamu ingin berkomunikasi melintasi batas teritorial mana pun menggunakan localization dan voice over talent, baca blog kami: Pentingnya Peran Native Voice Over Talent untuk Target Pasar Baru
 
Uber berubah dari perusahaan rintisan kecil menjadi kisah sukses internasional selama beberapa tahun belakangan. Salah satu hal penting bagi kesuksesan globalnya adalah bagaimana mereka mendekati pasar luar negeri dan menggunakan voice over talent dengan cara yang unik untuk bisa terhubung dengan para pemirsa dan target audiens baru.
 
Ambil contoh salah satu campaign pemasaran Uber di India, misalnya. Bagian dari kesuksesan global Uber adalah bahwa mereka tidak mencoba mengeluarkan uang lebih banyak dari para pesaingnya untuk beriklan melalui TV, media cetak, atau internet. Sebaliknya, kampanye mereka adalah kombinasi dari membuat orang mencoba layanan, dan membentuk kemitraan strategis dengan influencer, sehingga layanan yang ditawarkan menjadi sangat terlihat dan menonjol.
 
 
Teknik marketing word of mouth di antara masyarakat sejak lama telah menjadi kunci untuk ekspansi global Uber dengan cara memberikan referensi dari para pengemudi yang menyediakan layanan dan Uber menjanjikan hal tersebut sebagai bagian untuk membantu pengemudi menjadi pemilik sebuah “usaha kecil”, dan mempercepat kesuksesan mereka.
 
Jadi, bagaimana sebenarnya pengaruh teknologi voice over terhadap kesuksesan internasional Uber? Atau bagaimana voice over bisa membantu untuk memberikan kesuksesan global bagi ekspansi berbagai macam brand?
 

Bagaimana Brand Menggunakan Voice Over Talent untuk Ekspansi Global

Komunitas adalah bagian besar dari strategi komunikasi dan pemasaran Uber, dan untuk melengkapi dan membangun kesuksesan awal itu, mereka harus membuat konten lokal yang berbicara langsung kepada komunitas lokal.
 
Uber memiliki daftar putar di YouTube dengan narasi yang diproduksi oleh berbagai macam voice over talent yang mahir atau berbicara sehari-hari dalam bahasa apa pun, baik bahasa Prancis, Belanda, atau Vietnam – untuk membantu calon pengemudi lokal mendaftar dan memberikan informasi lebih lanjut tentang manfaat yang diberikan Uber kepada komunitas lokal lainnya.
 
 
Dengan Uber for Business yang tersedia di 45 negara, penting bagi perusahaan untuk menggunakan suara voice over talent yang tepat sebagai seorang juru bicara bagi brand mereka untuk terhubung secara langsung dengan audiens yang begitu besar. Hal tersebut juga berlaku untuk berbagai macam demografi lokal lainnya; pada tahun 2015 Uber meluncurkan uber ESPAÃ'OL di Chicago, dengan memakai voice over yang membantu komunitas Hispanik untuk bisa terhubung dengan pengemudi berbahasa Spanyol.
 
Jangan lupakan juga salah satu konten percakapan di Uber dengan pengemudi lokal yang kebetulan menjadi pengisi suara untuk AOL di tahun 90-an yang menjadi viral, dan merupakan contoh yang sangat baik dari pemasaran viral gratis.
 

Kamu Bisa Memilih Voice Over Talent untuk Memasuki Pasar Internasional Baru

Kalau kamu berniat untuk menjadikan brand atau jasamu sesukses Uber, komunitas adalah kuncinya. Membuat sebuah konten lokal yang berbicara kepada penduduk setempat dan membantu mereka memahami layanan yang kamu berikan adalah langkah pertama menuju pertumbuhan internasional.
 
Kampanye voice over yang dilokalkan (localization), dan suara yang dihasilkan dengan bantuan voice over talent yang tepat, bisa membantu brandmu mencapai pertumbuhan yang signifikan di pasar baru di luar negeri. Dengan lebih dari 2 miliar pengguna smartphone di planet ini, ada potensi besar bagi brandmu untuk menjangkau pasar baru di tingkat global.
 
Bahasa selalu menjadi penghalang terbesar yang dihadapi oleh brand, tetapi hambatan budaya dan konten yang kamu hasilkan untuk mengiklankan layanan dari brandmu ke komunitas lokal juga akan memiliki efek yang kuat. Misalnya, kalau kamu adalah seorang pembuat aplikasi game, ingatlah bahwa pasar Asia biasanya lebih tertarik pada game strategi dan pasar Australia biasanya akan lebih berminat untuk memainkan game-game bertema olahraga.
 
 

 
Pastinya hal ini bukan hanya tentang memilih bahasa yang tepat, tetapi sepenuhnya membenamkan dirimu ke dalam realitas suatu wilayah – dialek, kebiasaan, dan kebiasaan lokalnya – untuk memaksimalkan potensi keberhasilan ekspansi brand yang akan kamu lakukan.
 
Membuat campaign suara yang dilokalkan dengan agensi voice over seperti Inavoice bisa dengan mudah membantu mengembangkan materi pemasaran yang kamu punya untuk bisa dilihat di seluruh dunia pada berbagai macam smartphone, tablet, atau berbagai macam format lainnya. Hal tersebut bisa menjadi langkah pertama untuk membuat dirimu, perusahaanmu, dan produkmu memiliki kesempatan untuk berhasil diperhatikan di pasar internasional baru.
 
Dengan akses ke lebih dari 200 voice over talent profesional yang berbicara dalam lebih dari 30 bahasa, Inavoice Voice Over Agency akan membantumu menghasilkan konten lokal dan materi pemasaran yang bisa membantu brand atau produkmu masuk ke jangkauan wilayah baru.
 

Contoh Pekerjaan Voice Over yang Menggunakan Native Voice Over Talent di Inavoice

Bekerja bersama voice over agency bisa menjadi jawaban terbaik untuk memenuhi kebutuhan native voice over talent kamu. Di Inavoice kami sudah mengkurasi secara khusus lewat berbagai macam audisi untuk mendapatkan pilihan talent-talent native yang berbicara dalam berbagai macam bahasa. Mulai dari Inggris, Prancis, Afrika, Vietnam, sampai Korea. Semua tersedia.
 
 
Tidak hanya itu, Inavoice juga memastikan quality control setiap talent yang ada agar tidak ada perbedaan kualitas dari hasil rekaman yang dihasilkan karena Inavoice juga menyeleksi tiap alat rekam, ruang rekaman, dan  juga alat pendukung lain yang digunakan oleh para native voice over talent yang tinggal di berbagai negara di seluruh dunia. 
 

East Ventures DCI 2022

Sebagai salah satu pionir perusahaan venture capital yang berfokus di Indonesia, East Ventures kini menjadi platform holistik yang menyediakan investasi multi-tahap, termasuk Benih dan Pertumbuhan untuk lebih dari 200 perusahaan di Asia Tenggara. East Ventures juga memiliki operasi bisnis di Jepang. East Ventures berkomitmen untuk mencapai pembangunan berkelanjutan dan membawa dampak positif kepada masyarakat melalui inisiatif dan praktik yang dilakukan.
 
Sebagai perusahaan multinasional, tentu East Ventures akan memanfaatkan semua kanal distribusi mereka dengan baik dan dengan cara yang tepat. Salah satunya adalah komunikasi soal hasil laporan, produk, atau juga berbagai macam fitur baru yang mereka buat. Salah satunya bisa dilihat di video di bawah ini. Native Voice Over Talent dipakai oleh East Ventures sebagai gambaran bahwa mereka benar-benar “serius” ketika memikirkan cara berkomunikasi yang baik dengan para klien dan partner yang mereka punya. 
 
 
  • Talent: Luke S
  • Language: English
  • Duration: 5 Minutes Voice Over
  • License: Social Media
 

Justin Bieber Justice World Tour Jakarta 2022

Kalau kamu adalah salah satu penyelenggara konser dari salah satu Popstar paling berpengaruh di abad 21 ini, kamu pastinya tidak akan membuat kesan yang “biasa saja” ketika kamu akan mengiklankan acara tersebut!
 
Itulah yang dilakukan oleh PK Entertainment, promotor dari konser tur Justin Bieber di Indonesia. Mereka benar-benar memanfaatkan kanal media sosial yang mereka punya dengan membuat iklan yang benar-benar sempurna untuk menciptakan kesan “viral”. Visual yang oke, trailer yang dramatis, didukung dengan suara Dan Garlick, salah satu native voice over talent kawakan yang ada di Inavoice, semakin membuat iklan yang dibuat terasa “hidup” dan “profesional”.
 
Well, kita semua juga sudah tahu kan, bagaimana gaduhnya penjualan tiket konser ini, bahkan jauh-jauh hari sebelum konsernya diadakan?
 
 
  • Talent: Dan Garlick
  • Language: English
  • Duration: 30 Seconds Voice Over
  • License: Social Media
 

Quadra Product Launching Video 2022

Sebagai produk yang mengusung tema “Luxury & Sophisticated” Quadra melihat potensi produk mereka yang bisa bersaing di industri keramik atau porselen International.
 
Dengan membuat sebuah produk khusus yang menargetkan pasar global yang lebih luas, Quadra memanfaatkan kekuatan media sosial yang mereka punya untuk melakukan launching produk tersebut. Tentunya dengan kualitas audio visual yang dibuat sedemikian rupa. Suara dari Noella, seorang Native Voice Over Talent yang fasih berbahasa Inggris, menjadi pilihan Quadra untuk merepresentasikan produk terbaru mereka di pasar global.
 
 
  • Talent: Noella
  • Language: English
  • Duration: 2 Minutes Voice Over
  • License: Social Media
 
 
*****
 
Sudah banyak contoh sukses dan berbagai macam survei yang menemukan bahwa kedekatan juga berperan dalam hasil campaign localization. Jadi tidak akan ada banyak alasan lain untuk tidak mencoba menggunakan native voice over talent sebagai salah satu solusi untuk membantu brandmu dalam upaya ekspansi ke market yang lebih global.
 
Solusinya? Teliti audiens dan demografi yang ingin kamu jangkau sebelum kamu memutuskan untuk bekerja bersama seorang voice over talent. Lakukan beberapa perencanaan ke depan dan berinvestasi dalam riset pasar. Uji kontenmu dengan orang-orang terpilih dan ketahui pendapat mereka sebelum memilih talent yang bisa menyampaikan pesanmu dengan cara terbaik. Atau, untuk lebih mudahnya, hubungi kami di Inavoice saja!
 
Always remember, You deserve better!