7 Jul 2022     English   |   Bahasa

Pentingnya Peran Native Voice Over Talent untuk Target Pasar Baru

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Konten video, terutama di era digital saat ini, adalah salah satu cara paling efektif untuk sebuah brand atau perusahaan terhubung dengan audiens mereka. Tidak seperti bentuk komunikasi pemasaran lainnya seperti iklan visual dan podcast, konten video menarik perhatian audiens melalui elemen dinamisnya - audio dan visual. Konten video adalah salah satu media yang paling menarik - memiliki potensi untuk menjalin hubungan dan memicu respons emosional. Kalau digunakan dengan benar, video membuat informasi mudah diinterpretasikan dalam waktu singkat, dan oleh karena itu komunikasi menjadi lebih efektif. Hal ini pada akhirnya bisa mengarah pada meningkatnya pengenalan brand.
 
   Henry Lennon
   Co-Founder Inavoice
 
Seperti brand lain yang berekspansi melampaui batas domestik, tujuannya adalah untuk diakui dan bisa lebih berkembang di tempat barunya. Di Asia Tenggara, khususnya, ada sembilan bahasa utama yang digunakan. Artinya, menerjemahkan konten untuk audiens multibahasa adalah hal yang sangat wajar. Bisnis dengan cara melokalkan konten dari konten tertulis ke video dengan mempertimbangkan bahasa dan konteks budaya lokal yang baru adalah hal yang harus kamu perhitungkan.
 
 
Voice over adalah sebuah teknik produksi yang memberikan narasi untuk radio, televisi, dan media digital lainnya - adalah solusi terbaik untuk menjaga integritas konten video yang otentik. Kamu hanya perlu menyesuaikan bahasa lisan dengan audiens lokal yang menjadi target marketmu. Penerapan teknik voice over yang tepat akan meningkatkan daya tarik konten kepada audiens target baru, sehingga mengkomunikasikan pesan yang kamu sampaikan dengan cara yang lebih relatable.
 
Menurut data sebanyak 73% konsumen online lebih cenderung membeli produk atau layanan setelah menonton konten video terkait. Oleh karena itu, pelokalan konten video adalah suatu keharusan, tidak hanya untuk terlibat dengan penonton, tetapi juga untuk memberikan pengalaman audiens yang menyeluruh. Hal ini adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan penjualan.
 

Apa itu Voice Over Localization?

Voice over, dalam industri media, adalah bagian dari narasi yang ditambahkan dalam konten visual atau audio. Voice over adalah solusi terbaik dalam hal pelokalan konten yang sukses. Inilah alasannya:
 
  • Menuntut lebih sedikit usaha untuk memahami naskah
  • Meminimalisir kebingungan atau salah tafsir
  • Merangkum bahasa secara emosional
  • Lebih mudah berdampak dan mudah diingat
  • Menciptakan perasaan nyaman, dekat, dan mudah
 
Voice over localization adalah produksi rekaman suara yang melibatkan terjemahan naskah asli, diikuti dengan rekaman suara voice over talent dalam bahasa baru. Biasanya localization tidak hanya melakukan penerjemahan naskah dari satu bahasa ke bahasa lainnya, tapi juga melibatkan budaya, aksen, dialek, dan detail-detail yang bisa memberikan pengalaman terbaik untuk para audiens.
 
 
Localization juga harus memastikan bahwa pesan asli yang ingin disampaikan tetap utuh karena kendala terbesar dari bahasa adalah tidak selalu diterjemahkan dengan baik, sehingga pesan tidak tersampaikan dengan tepat.
 
Ketika melakukan voice over localization, kamu harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
  • Konvensi bahasa tertentu
  • Pandangan budaya dan agama
  • Hukum setempat
 
Menganalisis dan memodifikasi faktor-faktor tersebut adalah untuk memastikan bahwa konten yang kamu buat memenuhi harapan dari audiens target tujuanmu.
 

Fungsi dari Voice Over Localization

Seperti voice over pada umumnya, localization juga memiliki fungsi yang hampir sama, namun dengan localization, target marketmu akan lebih spesifik dan lebih terasa “dekat” dengan yang mereka suka, pahami, dan rasakan.
 
 
Berikut beberapa fungsi voice over dalam berbagai macam bidang:

Untuk film dan dokumenter: Meningkatkan penceritaan

Dalam setiap genre film, pengisi suara banyak digunakan untuk menggerakkan alur cerita, bercerita, dan untuk memberikan pandangan yang lebih dalam ke dalam pikiran para karakter. Mereka membantu komposisi visual film untuk menciptakan koneksi dan dampak penonton yang lebih besar dengan memicu emosi dan memberikan kejelasan. Bahkan jika sebuah film tidak menargetkan penonton berbahasa asing, voice over seringkali digunakan untuk mengisi kekosongan dalam wawancara dan dokumenter, seringkali untuk menunjukkan hal-hal yang menarik atau penting. Hal tersebut menciptakan kesinambungan sambil menyampaikan pesan atau membawa narasi kepada kesimpulan logisnya.
 

Untuk Game: Meningkatkan Pengalaman Bermain Game

Developer hari ini menciptakan lingkungan permainan yang lebih canggih dan bisa dengan mudah dipercaya oleh para pemainnya, dengan bantuan karakter dan dialog yang lengkap. Voice over sekarang menjadi bagian integral dari industri game, membuat keseluruhan pengalaman menjadi lebih mendalam dan nyata. Khususnya dalam hal permainan peran, voice over berperan untuk mengembangkan suasana permainan dam memberikan karakter kepribadian yang lebih otentik. Contohnya ketika pahlawan dan penjahat di dalam game berdialog, mereka akan terdengar seperti orang sungguhan yang membuat lingkungan menjadi lebih bisa dipercaya. Game menjadi lebih sinematik dari waktu ke waktu dengan menggabungkan animasi, plot yang dalam, realitas virtual, dan dukungan pendengaran yang menarik.
 

Untuk Pendidikan: Membantu Pemahaman yang Lebih Mudah

Internet telah membuka banyak peluang, dan industri pendidikan memanfaatkan platform ini. Belajar sekarang bisa dilakukan dari ujung jari dengan munculnya sumber daya gratis dan berbagai macam kursus online. Bahkan, sekolah dan universitas pun mulai mengadopsi tren ini, dengan banyak membuat kurikulum online untuk program mereka. Orang terlibat lebih baik ketika ada elemen manusia yang terlibat - dalam hal ini, adalah voice over talent. Selain melibatkan siswa, voice over juga memberikan konfirmasi konteks visual dan membantu orang untuk lebih memahami informasi yang disajikan.
 

Melokalkan Konten Video dengan Native Voice Over Talent

Faktor penting ketika melakukan localization atau pelokalan konten video adalah authenticity atau keaslian. Bagaimana audiens yang kamu tuju bisa memahami pesan darimu kalau tidak berbicara dengan bahasa yang sama?
 
Nah… mungkin kamu bisa menggunakan subtitle. Tapi yang harus diingat adalah, subtitle memiliki keterbatasan seperti ruang layar dan kecepatan membaca yang bisa mengurangi pesan yang sebenarnya dengan apa yang terjadi di layar.
 
Daripada memaksakan hal yang belum pasti, kamu bisa memanfaatkan pelokalan dan terjemahan voice over untuk memberikan audiens pengalaman menonton konten video yang lebih autentik. Hal itulah yang membuat peran dari seorang native voice over talent jadi begitu penting.
 
Mari kita melihat contoh yang paling dekat dan populer: tokoh Alexei di serial Stranger Things.
 
Sebagian besar fans mengklaim bahwa keaslian adalah kunci untuk menciptakan sebuah karakter dengan kisah emosional dan dunia yang sangat nyata seperti yang ditampilkan oleh Alexei: Seorang scientist yang dipaksa bekerja di Amerika, tanpa bisa berbahasa Inggris sedikitpun.
 
Bakat suara alami orang Rusia yang diperlihatkan oleh pemeran Alexei terbukti menjadi keputusan yang tepat. Coba bayangkan kalau tokoh Alexei di dalam serial tersebut diperankan oleh orang yang tidak fluent berbahasa Rusia, atau seorang aktor asal amerika yang "pura-pura" bisa berbahasa Rusia, pastinya efek yang ditimbulkan tidak akan sekuat tokoh Alexei yang sudah kita saksikan. Tidak heran kalau sampai saat ini tokoh Alexei masih memiliki basis massa yang sangat kuat.
 
Contoh tersebut mendapatkan popularitas seperti itu dalam budaya populer karena, sederhananya, orang tidak bodoh dan mengenali ketika mereka mencoba menjual sesuatu yang terasa tidak benar. Lagi pula kami pikir penonton hari ini sudah terlalu canggih untuk bisa membedakan aktor lain yang berpura-pura memakai aksen Rusia, karena hal itu pasti terasa palsu.
 
 
Di sisi lain, menggunakan jasa voice over dari native voice over talent yang profesional, memiliki nuansa dan keunikan aksen dan dialek daerah tertentu bisa sangat membantu menjangkau audiens target tertentu, membenamkan mereka sepenuhnya dalam cerita yang kamu punya dan membantu mereka untuk memvisualisasikan sepenuhnya adegan yang telah ditetapkan.
 
Hal Ini sangat penting ketika sebuah brand mencoba berkomunikasi dengan audiens melalui radio, televisi, dan media digital. Bekerja dengan penutur asli tidak hanya membantu kamu meningkatkan kampanye kreatif di dalam negeri, tetapi juga sangat bermanfaat untuk sebuah brand yang ingin menonjol di wilayah baru di luar negeri.
 

Apakah Memerlukan Bantuan Voice Over Talent Profesional?

Mempekerjakan voice over agency untuk membantu kamu dengan pelokalan dan semua persyaratan yang ada akan membantu kamu beradaptasi dengan target pasar baru di seluruh dunia dengan mulus dan mudah. Di Inavoice, kami siap membantu menyediakan layanan suara multibahasa dalam bahasa apa pun. Kami dilengkapi dengan 2 studio rekaman kedap suara, seniman suara terlatih, dan tim studio produksi internal.
 
Seluruh native voice over talent kami telah melalui proses audisi yang ketat, termasuk cara membaca, artikulasi, proyeksi suara, dan pemahaman naskah. Setiap studio kami diperlakukan dengan profesional secara akustik untuk menyerap gema dan meminimalkan frekuensi rendah, menciptakan trek audio yang baik dan jernih.
 
Native voice over talent kami memastikan kesempurnaan dalam pengucapan dan project manager kami juga memverifikasi bahwa semua naskah sesuai untuk budaya dan pasar target. Kami telah bekerja dengan banyak perusahaan untuk menyediakan voice over untuk pelatihan, video marketing, company profile, event, audiobook, dan IVR untuk memberikan solusi voice over multibahasa.
 
 
Saat layanan dan produk menjadi global, voice over adalah komponen penting bagi siapa pun yang mengembangkan konten audiovisual. Konten audio secara efisien dan efektif menyampaikan pesan, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, dan meningkatkan penjualan. Melokalkan konten marketing yang kamu punya dengan bantuan native voice over talent profesional memecahkan hambatan bahasa dan budaya yang bisa menghambat kemampuan brandmu untuk mengembangkan pasar dan ekspansi di berbagai negara.
 
Ketika konten video marketing menjadi lebih populer, penggunaan layanan voice over dan localization menjadi semakin penting. Native voice over talent yang ada di Inavoice mampu membantu berbicara kepada audiens global yang jadi target marketmu. Dengan lebih dari 100 orang native voice over talent dari berbagai negara dan bahasa, kami memastikan pesan dari produkmu akan tersampaikan sesuai dengan tujuan market yang kamu kembangkan!
 
Hubungi Inavoice sekarang dan cari tahu bagaimana kami bisa membantumu mencapai ekspansi bisnis lintas batas.