7 Apr 2021     English   |   Bahasa

Mengerjakan Voice Over Online dengan Remote Recording System

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Kasus covid-19 makin merajalela. Terbukti bahwa Jawa dan Bali kembali menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), yang dimulai kembali tanggal medio bulan Januari hingga Februari 2021. Dengan total lebih dari 1 Juta  kasus, dan ribuan kasus orang terinfeksi perharinya, Indonesia menjadi negara yang ditakuti oleh negara lain, khususnya dalam penanganan kasus covid-19 ini. Mungkin negara lain takut dapat impor kasus covid-19 dari Indonesia.
 
Lantas apakah hal ini mempengaruhi pekerjaan di industri kreatif? Tentu saja. Berapa banyak event yang di cancel? Berapa banyak musisi harus kehilangan panggung? Berapa banyak digital agency yang harus kehilangan client karena budget untuk digital marketing mereka harus dipotong karena pendapatan yang mulai berkurang.
 
Terkhusus untuk Indonesia voice over industry, berapa banyak voice over talent yang harus kehilangan project karena tidak jadi rekaman karena diberlakukannya PSBB, sehingga client tidak dapat melakukan visit recording di studio rekaman yang telah ditentukan? Apakah anda sudah mulai merasa sebal dengan pandemi ini? Ya.. berarti kita sehati!
 
 
Namun, mari kita membesarkan hati dengan kalkulasi. Ada berapa banyak perusahaan, brand, penyedia jasa, youtube channel, buku, atau lainnya, yang mungkin sampai saat ini masih membutuhkan jasa voice over? Tentunya masih sangat banyak.
 
Dengan anggapan ini pula, kita harus menyadari bahwa pekerjaan voice over seharusnya selalu bisa menemukan celah untuk mendapatkan pekerjaan dalam kondisi krisis seperti ini.
 
Inavoice.com selaku digital voice over agency terdepan di Indonesia, mencoba memberi solusi bagi para client yang tetap ingin melakukan perekaman voice over, namun harus terbatasi dengan PSBB atau bahkan lockdown lokal yang ada di daerahnya dengan perekaman voice over online yang biasa kami sebut dengan system remote recording.
 
Apa itu system remote recording? System remote recording adalah system perekaman voice over jarak jauh antara client - studio - dan voice over talent, yang mana client tanpa melakukan studio visit pun dapat tetap men-direct talent secara real time.
 
Bagaimana caranya? Ada beberapa platform yang telah kami siapkan untuk melaksanakan hal ini, mari kita bahas satu per satu :
 

Platform Voice Over Online yang Digunakan Inavoice.com

1. Google Meet

Bagi yang belum mengetahui, Google Meet adalah sebuah web-based communication tools yang dibuat oleh Google. Google Meet yang dirilis pada tahun 2013 dibuat dengan tujuan untuk dapat mengakomodasi meeting berjarak jauh secara real time.
 
Sebagai lini dari produk G-suite, Google Meet dilengkapi dengan beberapa tools yang dapat memudahkan proses remote recording, yaitu text based, audio based, dan video based. Dengan interface yang mudah untuk digunakan oleh kebanyakan pengguna google, Google Meet merupakan salah satu pilihan tools yang memadai untuk melakukan remote recording.
 
Selain itu, dalam Google Meet terdapat juga fitur untuk merekam meeting, yang mana bisa menjadi salah satu keunggulan untuk merekam preview secara live kepada client. Kenapa Preview? Kenapa tidak langsung dapat digunakan oleh anda sebagai final delivery file? Perlu anda sadari bahwa voice over yang baik memerlukan treatment professional.
 
Selain itu apakah anda sudah memperhitungkan tentang seberapa cepat kualitas internet anda sehingga rekaman voice over dapat dilakukan lancar tanpa buffering? Apakah yakin file yang anda rekam sudah hi resolution? Tentunya dengan mempertimbangkan hal tersebut, hasil perekaman yang dilakukan langsung dalam Google Meet kami sarankan untuk tidak dijadikan file utama yang akan ditayangkan langsung ke media anda.
 

2. Skype

Aplikasi telekomunikasi ini sungguh terkenal hingga tentunya kita tidak dapat mengesampingkan kenyataan bahwa term video call sungguh hype karena applikasi ini. Ya, Skype adalah adalah salah satu applikasi pertama yang memperkenalkan terms video call.
 
Fungsinya tentunya sama dengan Google Meet, namun, dalam menggunakan skype, anda perlu untuk mendownload dan menginstall aplikasinya pada komputer atau laptop anda (sudah terinstall pada pengguna os windows 10).
 
Hal yang paling menguntungkan dalam menggunakan Skype pada remote recording session adalah voice over talent dapat mengatur input dan output audio yang akan masuk pada skype, sehingga anda dapat mendengarkan kualitas microphone, dan track yang sama yang direkam pada komputer voice over talent.
 
Sebagai tambahan, skype memberikan kemudahan untuk berkomunikasi via teks, dan juga mampu menampung beberapa orang sekaligus dalam proses skype call. Hal ini dapat membantu fungsi pengambilan keputusan bila tidak hanya satu orang yang menentukan baik buruknya kualitas voice over yang sedang direkam.
 

3. Zoom

Zoom adalah applikasi konferensi video, online meeting, dan group messaging cloud-based. Platform ini menjadi sangat populer belakangan ini karena setiap orang harus melakukan work from home dan aplikasi inilah yang mampu menampung banyaknya anggota dalam satu perusahaan. Aplikasi ini dapat menampung hingga 1000 peserta, dan dapat didownload secara gratis, baik melalui mobile phone app, ataupun versi desktopnya.

Zoom juga dapat melakukan screen share bagi peserta yang diberikan akses untuk melakukannya. Hal ini mempermudah proses penjedaan, perubahan script real time, dan memberikan instruksi berbasis tulisan.

Namun kami tidak menyarankan anda menggunakan zoom untuk melakukan remote recording dengan adanya issue keamanan yang terjadi belakangan ini. Saran kami, baca dahulu informasi keamanan terkait kebijakan informasi yang diberikan melalui software ini.

 
 

Dengan adanya situasi krisis yang kita hadapi, dan bekerja dalam bidang industri kreatif pada masa ini tentunya mengurangi kenyamanan dan tidak semudah yang dibayangkan. Anggaplah bahwa situasi ini mengharuskan kita untuk belajar menyiasati ‘sesuatu’ secara kreatif dan kritis.
 
Krisis ini bisa dijadikan turning point bahwa ini saat yang tepat bagi industri pengisi suara untuk tak melulu harus melakukan perekaman secara offline, dan datang ke studio. Tentunya bagi voice over talent yang memiliki alat perekaman yang baik memliki keuntungan tersendiri dalam situasi ini.
 
Bagi studio perekaman, tentunya harus menyediakan ruangan dan treatment perekaman (baik disinfektan ruangan teratur, penyediaan remote recording system, dan penggunaan masker dan face shield bagi operator ruangan) yang disesuaikan dengan krisis ini, sehingga talent yang harus melakukan perekaman di studio mendapatkan kenyamanan, keleluasaan, dan akses penuh pada pada saat recording project yang berlangsung.
 
Mengerjakan voice over online based on remote working yang kami tawarkan merupakan upaya Inavoice.com untuk tetap mendukung social distancing dan menjaga awareness akan bahaya Covid pada industri perekaman voice over. Semoga upaya merekam suara voice over secara remote, dengan tetap mengupayakan briefing client secara real time dapat disambut dengan baik oleh industri kreatif di Indonesia.
 
Baca Juga :
Tantangan Dalam Produksi Voice Over di Indonesia
Berkomunikasi Melalui Voice Over Dalam Iklan
Cara Menentukan Gaji Penjaja Jasa Voice Over