8 Jun 2022     English   |   Bahasa

Cara Masuk ke dalam Industri Voice Over Video Game di tahun 2022

  1. Home
  2. Voice Over Blog
Sebagai seorang voice over talent, masuk ke dalam industri video game adalah prospek yang menarik — terlepas dari kamu adalah seorang gamer atau tidak — karena video game memungkinkan kamu untuk memberikan nyawa kepada sebuah karakter kompleks yang mungkin belum pernah ditemui sebelumnya.
 
Dengan semakin meningkatnya popularitas industri voice over Indonesia, tentu akan semakin membuka jalan untuk para produsen game di seluruh dunia untuk masuk ke dalam pasar game di negeri ini melalui project localization. Tentu kita tidak bisa mengelak bahwa Indonesia adalah salah satu target market game terbesar di seluruh dunia.
 
 
Pelajari cara masuk ke dalam industri voice over video game dan jelajahi berbagai genre dan peran yang ada di dalam video game untuk membantu mempersiapkan dirimu bersaing di industri yang evergreen ini.
 

Meningkatnya Permintaan untuk Pengisi Suara Video Game

Mengapa industri video game potensial untuk voice over talent?
 
Sebagai seorang voice over talent profesional, kamu pasti memiliki pilihan atau impian untuk bekerja di berbagai industri besar; entah itu iklan TV, trailer film, dubbing film animasi, dan lain-lainnya. Tapi ada satu industri besar lain yang sangat menarik, dan jarang dilirik oleh kebanyakan voice over talent: Video Game.
 
Padahal di zaman sekarang ini, video game sudah menjadi gaya hidup baru untuk semua orang di segala usia. Kemudahan akses internet dan device, mulai dari handphone, laptop, hingga konsol game membuat video game hampir pasti ada di setiap kegiatan kita sehari-hari. Bahkan game hari ini sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade!
 
Yang sering tidak kita sadari adalah, hampir setiap video game berisi voice over karena banyak desainer video game dan penulis naskah yang membuat alur cerita dan narasi yang rumit untuk menghasilkan hubungan yang kuat dengan audiens mereka. Baik dalam aksi game-play dalam sebuah permainan atau adegan-adegan dalam potongan cerita, suara yang digunakan dalam game tersebut membantu pemain untuk benar-benar terlibat dengan permainan. Itulah mengapa jasa voice over sangat diperlukan untuk membuat game semakin menarik.
 
Setiap tahun, video game selalu mengalami peningkatan produksi, artinya setiap tahun baru akan ada lebih banyak video yang dirilis dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Bahkan rata-rata rilis video game tahunan sudah melebihi 10.000 game! Ketika game yang banyak dan beragam ini dirilis, kami melihat akan lebih banyak juga keragaman dalam pengembangan karakter dan desain gameplay yang lebih inklusif.
 
Salah satu contoh terkini adalah game Apex Legend yang menuai banyak pujian karena home run-nya di industri ini. Di video di bawah ini para pengisi suara yang terlibat di dalam game berbicara tentang bagaimana rasanya menjadi bagian dari salah satu game paling populer yang bahkan dengan cara tidak terduga sebelumnya.
 
 
Kebutuhan untuk menciptakan dunia game baru dan meyakinkan dengan berbagai representasi memicu permintaan untuk pengisi suara video game, menyebabkan semakin banyak aktor suara bergabung dengan dunia game yang berkembang pesat.
 
Kebutuhan untuk menciptakan dunia game baru dan meyakinkan dengan berbagai representasi memicu permintaan untuk pengisi suara di dalam video game, dan hal itu membuat semakin banyak voice over talent yang bergabung dengan industri game yang berkembang pesat.
 
Tech Jury melaporkan bahwa keuntungan industri video game diperkirakan akan mencapai $180 miliar pada akhir tahun 2021, dan wePC mengkonfirmasi bahwa perkiraan hasil tersebut bahkan nyaris tercapai, yaitu sebesar $178 Miliar pada laporan bulan Desember 2021. Dengan menjadi voice over talent, kamu bisa menjadi bagian dari industri hebat ini dan memanfaatkan ekspansinya untuk menciptakan karir yang kuat untuk dirimu sendiri.
 
Kalau kamu berencana untuk menjadi aktor suara video game, kamu pasti perlu tahu tentang berbagai genre dan peran video game yang mungkin kamu temui di industri ini. Memiliki rasa keakraban ini akan memungkinkanmu memilih proyek video game yang paling sesuai dengan keterampilan akting suara yang kamu punya.
 

Genre Video Game Paling Populer

Berikut beberapa genre video game paling populer di dunia:
 

1. Action Video Games

Dalam action video games, pemain menyelesaikan tantangan fisik yang dihadapi karakter mereka dengan mengontrol tindakan utama. Permainan ini biasanya membutuhkan banyak koordinasi tangan-mata dan waktu reaksi yang cepat.
 
Contoh bagus dari game penuh aksi adalah Apex Legends. Kalau kamu mendapatkan bagian dari project action video game, Kamu mungkin akan menyuarakan beberapa karakter suara sesuai dengan urutan video game, seperti gerutuan, teriakan, atau jeritan. Kalau ini adalah bidang yang kamu minati, perhatikan latihan vokal untuk pemanasan dan pendinginan suara karena jenis efek suara ini bisa sangat membebani pita suara.
 

2. Adventure Video Games

Game yang termasuk dalam genre petualangan melibatkan pemain yang mengikuti narasi video game untuk mencapai tujuan akhir, seperti menyelamatkan seseorang atau mencapai level terakhir permainan. Game-game ini cenderung memiliki banyak dialog—seringkali diperlukan untuk menceritakan kisah plot secara efektif—yang memungkinkan voice over talent untuk menyuarakan karakter yang menarik untuk membuat para pemain tetap terhibur.
 
Misalnya, Elijah Wood mengambil peran sebagai Spyro di Spyro the Dragon: A New Beginning, memberi tahu pemain tentang perjalanannya sebagai naga ungu saat mereka berpindah dari satu level ke level berikutnya. Pada akhir permainan, pemain memahami takdir Spyro dan mengembangkan hubungan emosional dengannya.
 

3. Role-Playing Game (RPG)

Role-playing game (RPG) adalah salah satu genre paling populer di industri game. RPG biasanya menampilkan permainan abad pertengahan atau fantasi, di mana pemain memilih karakter yang kompleks untuk memainkan permainan. Game-game ini unik karena kamu bisa mendapatkan opsi untuk berinteraksi dengan pemain online lainnya ketika memainkan game tersebut. Permainan ini lebih fokus pada kemajuan karakter daripada mendongeng. RPG biasanya memiliki dialog hebat yang membantu menciptakan cerita untuk pengembangan karakter pemain.
 

4. Puzzle Video Games

Dalam puzzle game, pemain memecahkan teka-teki yang berbeda untuk maju ke tingkat yang berbeda. Kesulitan biasanya meningkat dalam setiap tingkat. Puzzle game biasanya memiliki voice over yang mengarahkan para pemain selama permainan, atau mungkin memberi mereka beberapa petunjuk dalam situasi sulit. Beberapa puzzle game memiliki narator yang unik dan memorable, hal ini menunjukkan bagaimana satu genre sebuah game bisa sangat bervariasi dalam produksi kreatif.
 
Contoh game semacam itu adalah LittleBigPlanet 3, gim teka-teki seru dengan karakter unik bernama Toggle, OddSock, dan Swoop, yang menceritakan kisah lucu mereka ketika pemain maju melalui teka-teki yang berhasil diselesaikan.
 

5. Simulation Games

Game simulasi menjadi semakin populer setiap hari. Game ini adalah permainan yang dirancang untuk meniru situasi tertentu, seperti bermain sepak bola atau menerbangkan naga, dan dengan demikian menciptakan pengalaman dunia lain bagi pemain. Biasanya game simulasi menggunakan grafik hiper-realistis dan voice over yang kuat untuk menciptakan realitasnya sendiri, menyedot pemain ke dalam dunia yang sama sekali berbeda yang penuh dengan keajaiban dan kegembiraan.
 
Demikian pula, melalui interaksi yang kuat, game simulasi terkadang menggabungkan perangkat game lain untuk meningkatkan kekuatan simulasi lebih jauh, seperti kacamata virtual reality (VR). Game seri FIFA adalah contoh yang bagus dari game simulasi yang kuat. Hal ini memungkinkan pemain untuk memasuki permainan sepak bola profesional dengan menjadi salah satu pemain paling dicari di dunia, seperti Cristiano Ronaldo. Game ini bahkan menampilkan voice over dari atlet, komentator sepak bola, dan grafik luar biasa.
 

Macam-macam Peran Voice Over dalam Game

Mengetahui genre video game paling populer saja tidak cukup. Kamu juga harus memahami jenis peran yang ada di dalam video game untuk memulai sebagai voice over talent di industri ini. Hal ini akan membantumu memahami berbagai proyek video game dan melihat apakah project tersebut menarik buatmu sebagai pengisi suara. Dengan memahami peran pula, kamu bisa mengerti dan memainkan peran yang sesuai dengan naskah voice over yang sudah ditulis oleh tim developer game tersebut.
 
 
Berikut adalah beberapa peran utama yang umumnya ada di dalam sebuah video game dan memerlukan jasa voice over:
 

1. Video Game Narrators

Sebuah video game bisa menampilkan berbagai gaya narator, seperti narator utama atau narator yang tidak terlihat. Narator utama bisa menjadi protagonis, atau karakter lain yang menjelaskan alur cerita dan plot permainan untuk para pemain saat mereka bergerak melalui permainan.
 
Di sisi lain, narator yang tidak terlihat adalah karakter yang tidak secara langsung menjadi bagian dari permainan. Itu bisa menjadi makhluk misterius yang mempunyai “mata” untuk menganalisis narasi permainan.
 
Narator sangat penting dalam game petualangan dan RPG, karena dialog mereka membantu desainer game menghubungkan aspek penting dari game ke jalan cerita, seperti karakter baru, antagonis, pengaturan, dll.
 

2. Video Game Protagonist

Menjadi protagonis atau tokoh utama dalam video game adalah peran yang mendebarkan bagi voice over talent. Pembuat video game biasanya menghabiskan sebagian besar waktu merancang protagonis hebat untuk game mereka. Dari memutuskan tampilan karakter hingga keseluruhan cerita latar, seluruh proses dilakukan dengan sangat serius. Perhatian terhadap detail ini menghasilkan penciptaan karakter yang brilian, seperti Nintendo dengan Mario. Mario tidak hanya menghibur pemain di setiap game yang menampilkannya, tetapi juga membawa beban warisan kuat yang diciptakan oleh Nintendo. Dia adalah wajah perusahaan mereka, kampanye pemasaran, dan banyak hal lainnya.
 
Kalau kamu menyuarakan karakter protagonis, kamu harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang sketsa karakter, karena ia adalah fokus utama dalam permainan. Pemahaman ini akan membantu menciptakan kepribadian yang pas untuk protagonis. Performa suaramu membawa potensi untuk meningkatkan keseluruhan pengalaman bermain game, menjadikan karakter tersebut benar-benar ikonik dan tak terlupakan.
 
Juga, kamu bisa menjadi sesuatu yang mungkin tidak pernah diimpikan, seperti bajak laut pemberani atau pahlawan super yang brilian, jadi bersenang-senanglah dengannya dan ciptakan sesuatu yang luar biasa!
 

3. Video game Antagonist

Sebagai suara antagonis video game, kamu mungkin berencana untuk mengambil alih dunia atau melompat dari satu rencana jahat ke rencana jahat lainnya, dari satu level ke level lainnya. Sama seperti protagonis, kamu juga memiliki desain dan latar belakang yang mendalam, tetapi alih-alih menyelamatkan dunia dan mempertahankan narasi utama game, antagonis biasanya muncul di 'level bos' atau selama situasi tertentu dalam game. Gaya pengisi suara yang ditampilkan sebagian besar antagonis video game agresif, suka memerintah, dan jahat. Namun, hal ini tidak selalu terjadi.
 
Dalam seri Mario Nintendo, Bowser telah menjadi musuh bebuyutan Mario sejak penampilan pertamanya di video game 1985 Super Mario Bros. Tujuan utamanya adalah menculik Princess Peach, mengalahkan Mario, dan menaklukkan Kerajaan Jamur. Dia memiliki suara yang sangat dalam dan keras, menunjukkan kekuatan dan kepribadiannya yang kuat.
 

Bagaimana Melakukan Voice Over untuk Game?

 
Voice over untuk video game membutuhkan banyak waktu dan usaha, sehingga penting buatmu untuk mengetahui kiat-kiat voice over video game terbaik untuk memberikan hasil dan kinerja yang hebat.
 
Berikut adalah tiga tips terbaik untuk membantu kamu memulai:
 

1. Masuk ke dalam Karakter

Sama seperti peran akting lainnya, sangat penting untuk memahami ide, plot, latar, dan karakter dari project video game yang kamu perankan. Hal tersebut akan membantu untuk memahami cerita dan kepribadian di balik karakter video game yang kamu perankan. Dengan memahami seluruh konsep permainan, kamu bisa dengan mudah masuk ke dalam karakter dan menciptakan sesuatu yang kuat dan berdampak. Masuk ke karakter adalah bagian penting dari pekerjaan akting apa pun, jadi kamu harus siap untuk menjalani prosesnya dengan serius.
 
Penting juga untuk dicatat bahwa mungkin akan ada sedikit tantangan ketika kamu memerankan seekor naga ungu kecil atau sebutir telur yang bisa berbicara, tetapi kalau mengetahui keseluruhan cerita dan sifat karakter, kamu bisa menggunakan kreativitasmu untuk memberi karakter tersebut suara yang bagus.
 
Melakukan penelitian juga bisa membantu untuk mempersiapkan voice over untuk video game. Sebagai voice over talent berpengalaman, Maya Tuttle menyarankan calon aktor suara video game untuk "memainkan jenis video game yang mereka minati untuk diaudisi" karena bisa membantu untuk mempersiapkan dirimu sebelum masuk ke dalam project voice over video game.
 

2. Gunakan Gerakan Tubuh

Merekam suara dari naskah untuk proyek video game bisa sangat menantang karena selain mempersiapkan suara yang baik, kamu juga dituntut membayangkan dirimu untuk menjadi bagian dari aksi saat melakukan aksi dari sebuah karakter. Kamu harus menghasilkan suara untuk berbagai macam aksi seperti memanggil elemen, mendapatkan kekuatan magis, atau apa pun yang dibuat oleh desainer game.
 
Inilah sebabnya mengapa kamu disarankan untuk menggunakan gerakan tubuh saat melakukan proses rekaman suara, sehingga suara yang dibuat akan terdengar lebih meyakinkan dan untuk mencapai ini dengan benar, pastikan bilik rekaman tidak membatasi gerak tubuhmu.
 

3. Perbanyak Istirahat dan Lindungi Suara

Seperti yang disebutkan di atas di bagian genre voice over action game, akting suara video game membutuhkan banyak perhatian, energi, dan waktu, yang bisa memberikan risiko ketegangan pita suara. Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu harus selalu menghindari sesi rekaman yang terlalu panjang.
 
Hal ini sangat penting jika menyangkut peran voice over video game yang membutuhkan teriakan dan jeritan terus-menerus. Peran seperti ini bisa berdampak besar pada kesehatan vokal dan berpotensi memaksa dirimu mengambil cuti untuk memulihkan diri. Selalu ingat untuk menjaga kesehatan vokal dan komunikasikan kebutuhan ini secara terbuka dengan orang-orang yang terlibat dalam project. Pelajari lebih lanjut tentang melindungi kesehatan vokalmu di sini.
 

Temukan Pekerjaan Voice Over Video Game

Mencari pekerjaan voice over untuk video game tidak cukup sulit, meskipun kamu baru mengenal industri game. Bergabung di voice over agency seperti Inavoice atau voice over marketplace sangat bagus untuk voice over talent yang ingin masuk ke dalam industri akting suara video game. Dengan memiliki akun yang berfungsi juga sebagai portofolio, kamu bisa mulai mengikuti audisi untuk pekerjaan voice over video game keren dan menjadi bagian dari sebuah project game.
 
Jadi, apakah kamu tertarik untuk menjadi voice over talent video game? Genre video game mana yang menarik buatmu?