26 Jan 2022     English   |   Bahasa

7 Alasan Voice Actor Wajib Menggunakan Studio Rekaman Profesional

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Mungkin studio rumahan atau home recording studio saat ini memang mendapat manfaat yang sangat besar dari perkembangan dan kemudahan akses ke teknologi rekaman yang canggih, tapi banyak voice over talent yang masih memilih untuk menggunakan studio rekaman profesional.

Ada beberapa alasan untuk ini: akses ke ruang rekaman yang lebih besar dengan akustik yang sangat baik, pilihan mikrofon yang bagus, preamp dan perlengkapan berkualitas tinggi, dan juga didampingi oleh seorang sound engineer berpengalaman.

Hal yang sama pentingnya adalah, rekaman voice over di studio profesional bisa memberikan banyak perspektif baru kepada voice over talent, khususnya soal industri voice over Indonesia.

Apa yang Bisa Dilakukan oleh Studio Rekaman Profesional?

Ketika kita berbicara tentang studio rekaman, maka yang perlu dipahami studio rekaman adalah tempat di mana rekaman terjadi. Di sinilah proses produksi mulai dari rekaman, mixing, dan mastering dilakukan untuk musik atau film atau untuk berbagai macam produk lain yang memerlukan audio.

Studio-studio ini dirancang oleh para ahli akustik terbaik untuk terus berkembang dan memberikan suara akustik terbaik untuk rekaman yang sedang berlangsung di dalamnya. Banyak yang mengira bahwa, studio rekaman hanya digunakan untuk rekaman musik atau band, padahal kamu bisa merekam apapun di dalam studio, seperti voice over, dubbing, foley, dan lain-lain.

Studio rekaman profesional biasanya merupakan sebuah bangunan dengan ruangan yang dirancang khusus oleh seorang insinyur audio atau ahli akustik untuk mencapai sifat akustik yang optimal dan membantu mengurangi gema yang dapat mengganggu hasil akhir. Idealnya, studio rekaman dilengkapi dengan ruang operator (tempat untuk mixing dan preview) dan ruang live.

Pepatah bahwa "You get exactly what you pay for" berlaku untuk banyak hal, termasuk merekam suara di studio.

Kamu tentu tidak dapat mengharapkan suaramu terdengar sejernih dan sebersih suara Nancy Cartwright atau Bimoky yang suaranya pasti diproduksi di studio rekaman profesional, kalau kamu merekam suaramu di studio rumahan yang tidak dikelola dengan profesional. Selain itu, pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh orang-orang yang bekerja di studio profesional merupakan elemen penting untuk menghasilkan produk audio yang baik.

Studio rekaman profesional yang sepadan dengan waktu dan biaya yang kamu keluarkan akan memperjelas seberapa berpengalaman atau berkualitas sumber daya manusia yang mereka miliki dan tentunya kualitas produk yang dihasilkan.

 

Mengapa Menggunakan Studio Rekaman Profesional?

Bahkan dengan suara terbaik, skrip terbaik, serta penyuntingan dan direksi terbaik, project voice overmu tidak akan berhasil tanpa satu bahan utama lainnya: studio profesional yang lengkap. Kualitas keseluruhan rekaman voice over hanya akan sebagus metode dan peralatan yang kamu gunakan untuk menangkap dan mengontrol suara, kalau kamu memakai studio yang benar-benar disiapkan secara profesional untuk melakukan rekaman.

Bagaimana kamu mendapatkan produk akhir audio yang baik adalah tentang bagaimana keahlian yang digunakan untuk memproduksinya dan jenis peralatan audio yang tepat dikombinasikan. Hal-hal tersebut tentu akan membuat perbedaan dalam menentukan seberapa banyak kesalahan yang dibuat dan seberapa baik kualitas audio yang dihasilkan.

Ada banyak studio rekaman dengan berbagai jenis peralatan, tetapi semakin ambisius dirimu, semakin besar kemungkinan kamu perlu melakukan rekaman di studio profesional. Berikut beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan studio rekaman profesional:

 

1. Pengetahuan dan Pengalaman

Siapa pun yang pernah melekukan rekaman akan paham bahwa ada lebih banyak hal yang terlibat pada proses rekaman daripada sekadar mengarahkan mikrofon dan menekan tombol rekam. Studio engineer berpengalaman tahu soal mikrofon yang tepat untuk digunakan, ke mana harus mengarahkannya, dan peralatan eksternal yang akan terdengar paling baik dengannya. Hal-hal seperti itu tentunya akan menghemat banyak waktu (dan biaya!) karena kamu memulai semuanya dengan baik dan benar.

Alasan lain kamu harus memakai studio rekaman profesional adalah keahlian voice director dan audio engineer-nya. Tentunya pengalaman tidak mungkin berbohong. Mereka yang bekerja di dalam studio professional tentu telah menghabiskan ratusan, bahkan ribuan jam rekaman dalam berbagai jenis suara dan berbagai macam teknik. Wawasan dan pengalaman itulah yang kamu butuhkan untuk membawa suaramu ke tingkat selanjutnya.

Bekerja bersama dengan seorang profesional yang terlatih di belakang layar adalah cara yang bagus untuk memastikan kamu memiliki rekaman yang sukses. Teknisi audio profesional pastinya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang diperlukan untuk membantu mengubah suaramu menjadi halus, hangat, dan bersih.

Selain itu, voice director tidak hanya tahu apa yang paling berhasil dalam sebuah rekaman voice over, tetapi juga siap membantu mengkritik dan memberikan sugesti terhadap teknik rekaman suara yang kamu lakukan. Memiliki satu set telinga ekstra untuk mendengarkan suaramu bisa mengubah apa yang dulunya merupakan rekaman ala bedroom studio menjadi voice over berkualitas yang sebenarnya.

 

2. Peralatan Rekaman Terbaik

Kamu mungkin bisa menghasilkan banyak rekaman voice over dari rumah, tapi rekaman yang dihasilkan kadang memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan rekaman yang dibuat oleh studio rekaman profesional. Kurangnya treatment akustik dan isolasi ruangan yang baik membuat hampir tidak mungkin untuk mendapatkan jenis suara yang bersih dan kaya seperti yang tersedia di studio rekaman profesional.

Selain itu, banyak pengguna digital audio workstation (DAW) tidak memiliki kecakapan dan pengetahuan yang tepat untuk memanfaatkannya secara maksimal, bahkan dengan menonton tutorial di Youtube. Mereka juga tidak memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengedit, mixing, dan mastering trek dengan cara yang benar.

Semua ini bisa berakhir dengan kamu menyakiti karir voice overmu daripada membantunya. Kalau kamu serius ingin membuat rekaman voice over berkualitas tinggi untuk para audiensmu, penting untuk menggunakan studio rekaman profesional.

 

3. Studio Environment

Salah satu alasan yang harus dipahami kenapa harus menggunakan studio rekaman profesional adalah lingkungan rekaman.

Suara membutuhkan ruang untuk merambat dan melakukan tugasnya. Ada banyak ilmu di balik bagaimana bentuk gelombang suara berinteraksi dan berperilaku satu sama lain. Di ruangan yang tidak dirawat atau tanpa treatment khusus, hal ini bisa menyebabkan cancelation atau penambahan frekuensi yang tidak diinginkan, pantulan yang tidak diinginkan, dan berbagai kemungkinan masalah di low end.

Studio rekaman profesional tentunya di-treatment secara akustik dan kedap suara dengan cara yang membantu mengurangi fluktuasi suara secara signifikan. Kamu mungkin akan memahami pentingnya treatment akustik di dalam studio kalau kamu pernah mencoba melakukan rekaman suara di dalam kamar tidur. Coba dan temukan perbedaan signifikan yang dihasilkan oleh kedua tempat tersebut.

Selain itu, bekerja di ruangan yang di-treatment khusus untuk rekaman suara memungkinkan kamu mengetahui bahwa apa yang didengar selama preview adalah sama persis seperti yang seharusnya audiensmu dengar nantinya. High end renyah, mid-range hangat, dan respons bass yang tepat.

Dengan ruangan yang di treatment dengan baik dan perlengkapan rekaman yang bagus, kamu pasti menemukan hal-hal yang belum pernah kamu dengar sebelumnya dalam rekaman yang kamu lakukan.

 

4. Advanced Technology

Seperti yang kami jelaskan di awal, selama beberapa tahun belakangan, teknologi telah berkembang dan melaju dengan sangat pesat, tentunya hal ini memungkinkan peralatan produksi rekaman juga ikut terbawa ke dalam kenyamanan studio rumahan. Tetapi yang perlu diingat adalah, meskipun peralatan ini nyaman dan mudah, tidak ada artinya jika dibandingkan dengan peralatan rekaman “mahal” yang ditawarkan oleh studio rekaman profesional.

Peralatan ini memungkinkan studio rekaman untuk membedah segala detail dan aspek audio yang mereka kerjakan, untuk menyempurnakannya bahkan hingga ke detail terkecil. Kalau voice over adalah profesi yang benar-benar kamu pilih dan tekuni, kamu harusnya tidak bisa puas dengan peralatan rumahan saja, tapi beranikan dirimu untuk mencoba alat terbaik yang akan kamu temukan di studio rekaman profesional.

 

5. Jangan Bawa Pekerjaan ke Rumah

Bekerja di studio rekaman profesional bisa membuat proses produksi rekaman bebas stres.

Kamu hanya perlu mengosongkan jadwal dan membayar orang lain untuk merekam, mixing, dan mengedit suaramu. Tentunya efisiensi seperti ini juga bisa memberi kamu lebih banyak waktu untuk melakukan hal lain. Mengapa membuang waktu untuk mempelajari cara membuat rekaman voice over terdengar baik kalau kamu bisa dengan mudah membayar orang lain untuk melakukannya?

Selamatkan dirimu dari sakit hati dan stres, serahkan pekerjaan pada para profesional di studio rekaman dan habiskan waktumu untuk hal-hal penting lainnya seperti berlatih, membangun jaringan, dan membentuk personal brandingmu sebagai seorang voice over talent.

 

6. Teamwork

Pada akhirnya, membuat voice over yang baik bukanlah usaha yang dilakukan sendirian; ini lebih merupakan kerjasama kolektif. Tim profesional yang hanya akan kamu temukan di studio rekaman profesional dapat membantumu melakukan hal tersebut.

Pikiranmu mungkin tidak sekreatif dan setajam yang seharusnya ketika kamu pulang dari pekerjaan harian. Kamu harus menghabiskan banyak waktu untuk berlatih, dan merekamnya sendiri mungkin akan sangat membosankan. Jadi, penting untuk menyerahkan tugas itu kepada para profesional yang pekerjaannya sehari-hari adalah merekam voice over.

 

7. Menghasilkan Produk Terbaik

Tingkatkan proses kreatifmu dengan memiliki tim profesional di belakang bakat suara yang kamu punya. Tentunya bekerja bersama dengan profesional akan secara signifikan meningkatkan kemungkinan membuat hasil voice overmu tidak mudah dilupakan banyak orang.

Studio rekaman profesional memiliki pengetahuan tentang audio, teknis rekaman, perlengkapan yang tepat, dan kemampuan untuk membuat rekaman terdengar lebih baik daripada imajinasi banyak orang. Penting untuk memiliki produk voice over yang berkualitas untuk dipromosikan sehingga audiens dan terutama calon klien menganggap kamu adalah voice over talent yang baik dan profesional.

 

***

 

Kalau kamu pernah melihat gambar studio rekaman profesional mana pun, kamu akan dengan mudah memahami mengapa studio rumahan milikmu tidak cocok untuk melakukan rekaman voice over dengan kualitas terbaik.

Studio profesional menghabiskan banyak biaya untuk memperoleh mikrofon, software, dan alat penunjang rekaman lainnya. Seringkali, di rumah kita tidak dapat mencapai suara yang kita miliki di kepala kita dan ini sering kali terjadi karena kurangnya peralatan dan pengalaman.