16 Sep 2021     English   |   Bahasa

5 Studio Voice Over Terbaik yang Ada di Indonesia

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Gak perlu sikut-sikutan, seharusnya sebagai penyedia jasa Voice-Over Indonesia harus saling membantu untuk terus berkembang di Industri ini. Ini adalah salah satu artikel yang saya tulis dengan kesadaran penuh untuk memberikan pilihan baik pada calon pengguna jasa voice over ataupun untuk para Pengisi Suara Indonesia.

Jatmiko Kresnatama
Co-Founder Inavoice

Table Of Content

1. Karakteristik Studio Voice Over yang Baik
2. 5 Studio Voice Over Terbaik di Indonesia
3. Kesimpulan

Saya sangat percaya bahwa belakangan ini industri voice over mulai banyak dilirik orang. Kenapa begitu? Seperti yang telah saya tulis sebelumnya di artikel Sejarah Voice Over Indonesia : Ferry Fadly Sampai Bimoky, industri voice over telah begitu berkembang dipengaruhi oleh banyak macam industri kreatif lainnya, dan juga dengan perkembangan teknologi yang ada.
 
Selain dari yang saya tulis, saya banyak mendengar keluh kesah para vo talent yang bercerita pada saya di jeda sesi perekaman yang biasa dilakukan di studio Inavoice.
 
Keluhan-keluhan seperti, banyak vo talent lain yang menjual jasa dengan sangat murah, persaingan yang mulai tidak sehat, dan client yang belum teredukasi masalah hasil rekaman yang baik dan yang tidak.
 
Menurut saya ini hal yang cukup wajar. Mengingat industri ini masih mencari bentuk yang paling tepat untuk berjalan. Berjalan aja lho masih sulit, jangan berharap untuk berlari. So, buat teman-teman, ini saat yang tepat untuk berkata “please chill, and relax”.
 
Di era saat ini, udah ngga lagi jamannya sikut-sikutan menurut saya. Era-era saat ini merupakan era kolaboratif, yang mana konten digital merupakan hal yang digandrungi 50% lebih penduduk di Indonesia.
 
Lantas bagaimana cara saya mencoba untuk berkolaborasi dengan para pelaku industri voice over ini? Dalam artikel ini saya akan menjelaskan 5 studio voice over terbaik yang ada di Indonesia, mengapa penting merekam voice over di studio yang tepat, dan bagaimana ciri-ciri voice over studio yang baik.
 
Ingat, artikel ini bukan artikel berbayar, endorse atau apapun. Saya hanya menulis yang saya ketahui selama pengalaman berada dalam industri voice over. Yuk kita simak penjelasannya.

Karakteristik Studio Voice Over yang Baik

Bagi calon client, menyewa studio yang proper merupakan hal yang menurut saya wajib dilakukan. Kenapa? Hal ini wajib dilakukan untuk menjamin kualitas terbaik pada produk voice over yang akan anda gunakan pada konten audio maupun audio visual.
 
 
Tentunya, saat ini banyak sekali orang yang memiliki studio rumahan. Bahkan banyak voice over talent yang mampu merekam suaranya sendiri di ‘studio’ yang mereka miliki. Namun apakah hal ini menjamin kualitas produk voice over yang akan anda gunakan?
 
Tentunya semua tergantung pada anda. Seperti yang telah saya jelaskan diatas, industri ini masih mencari bentuk yang tepat. Mungkin saja anda hanya perlu membayar Rp 25.000,00 per video youtube yang akan anda tayangkan di kanal anda, dan anda sudah merasa cukup puas dengan hal itu.
 
Namun, ada juga yang harus membayar jauh lebih mahal dan masih tidak merasa puas. Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi? Karena pada industri ini masih belum memiliki segmentasi pasar yang jelas.
Lantas mungkin temen-temen akan bertanya,

”Mas Mik, gimana sih karakteristik voice over studio yang baik, yang pada akhirnya mampu untuk membuat hasil produksi voice over jadi lebih berkualitas?”

Kalau anda bertanya pertanyaan ini dalam hati ketika membaca artikel ini, saya akan ucapkan Alhamdulillah. Hal ini menunjukkan bahwa anda masih peduli dengan kualitas perekaman dan kualitas output voice over yang anda kerjakan.
 
 
Saya akan mencoba menjawab pertanyaan di atas berdasarkan dari pengalaman saya. Jadi ini merupakan interpretasi saya terhadap bagaimana sih karakteristik voice over studio yang baik. Karakteristik voice over studio yang baik antara lain :

1. Acoustic Treatment yang Baik

Menurut saya, salah satu dari 4 hal penting yang membuat sebuah studio mampu dikatakan sebagai studio voice over yang baik adalah memiliki acoustic treatment yang baik. Untuk teman-teman yang belum memahami apa itu acoustic treatment, silahkan baca artikel ini ya. (klik kata ini)
 
Acoustic treatment dalam terms studio perekaman suara adalah, cara kita memperlakukan pantulan suara, agar suara yang kita rekam tidak terdistraksi oleh reflected sound. Setiap studio professional pasti melakukan treatment ini untuk menjamin suara yang direkam berkualitas.

2. Peralatan Audio yang Baik

Peralatan audio yang baik masuk dalam list karakteristik studio voice over yang baik menurut saya. Pertanyaan paling mendasar bagi saya adalah, “bagaimana cara anda menghasilkan output suara berkualitas bila tidak direkam dengan peralatan yang berkualitas pula?”
 
Pertanyaan diatas merupakan sebuah pertanyaan yang sudah saya buat sehalus mungkin agar teman-teman voice over talent tidak merasa tersinggung.
 
Peralatan audio yang baik, khususnya dalam urusan merekam voice over biasanya menggunakan alat-alat yang memang ditujukan untuk merekam voice over. Seperti microphone yang memiliki frequency response dan polar pattern yang tepat, kualitas preamp yang baik, dan juga penggunaan baik outboard lain ataupun plugin yang tepat pula.
 
Hal ini adalah hal dasar ketika anda akan memilih partner studio anda untuk mengerjakan voice over.

3. Ditangani oleh Professional

Jelas anda membutuhkan penanganan profesional di setiap aspek hidup anda. Tentunya, anda akan pergi ke dokter (bukan ke dukun) untuk menyembuhkan penyakit anda. Atau anda akan mendatangi pengacara ketika anda akan melakukan gugatan cerai.
 
Sama halnya dengan produksi voice over. Anda akan membutuhkan penanganan yang tepat dari professional untuk mengerjakan pesanan anda. Jadi datanglah ke studio yang memiliki personel professional.
 
Tentunya, dalam mengerjakan voice over, ada beberapa profesi yang dapat menunjang pekerjaan anda, seperti recording engineer, mix and master engineer, dan voice director. Kalau teman-teman belum memahami apa sih yang dikerjain sama profesi tersebut, teman-teman bisa membaca artikel Arti Voice Over dan Orang yang Bekerja di Industrinya yang pernah saya tulis.
 
Tapi kalau kita berbicara mengenai studio rekaman, mereka hanya menyediakan recording engineer dan mix and master engineer saja. Voice director jarang sekali ditemukan pada jasa-jasa studio recording, kecuali bila mereka mengkhususkan studio recording mereka untuk perekaman voice over.
 

4. Paket yang Ditawarkan Lengkap

Sebagai konsumen, tentunya saya akan mencari studio yang paling nyaman dengan paket-paket komplit yang ada didalamnya.
 
Paket-paket lengkap yang saya maksud adalah, paket rekaman, mixing, dan mastering. Tentu saja, bila studio recording tersebut bisa lebih fleksibel dalam jumlah jam dari sebuah shift rekaman akan lebih baik.
 
Atau mungkin bila studio bisa memberikan bundle package seperti paket rekaman + editing + mixing + mastering akan jadi lebih baik. Karena selain jadi lebih hemat, teman-teman bisa menggunakan satu pintu untuk mengerjakan produk voice over anda.
 

5 Studio Voice Over Terbaik di Indonesia

Setelah menjelaskan mengenai karakteristik voice over studio yang baik untuk anda mengerjakan project voice over, maka ini saatnya yang saya bilang untuk berkolaborasi. Saya akan memberikan 5 Studio Voice Over Terbaik Versi saya sendiri. 5 studio tersebut antara lain :

1. Inavoice

Ya masa saya gak promo studio saya sendiri. Hehehehe.. Tapi serius, menurut saya Inavoice merupakan salah satu studio recording voice over yang tepat untuk anda mengerjakan project voice over anda.
 
Kenapa? Karena Inavoice menawarkan keseluruhan dari 4 karakteristik yang saya tulis diatas. Inavoice menggunakan peralatan audio yang memang dikhususkan untuk merekam banyak project broadcasting, acoustic treatment telah diatur sedemikian rupa sehingga mampu merekam direct sound, ditangani oleh orang yang profesional didalamnya (termasuk memiliki inhouse voice director), dan memiliki paket yang lengkap.
 
Inavoice memang merupakan digital voice over agency, namun Inavoice juga memberikan paket untuk teman-teman menyewa studionya saja dengan harga yang relatif murah.

2. Cut2Cut Studio

Sebagai salah satu studio rekaman dan studio post production tertua di Indonesia, Cut2Cut studio menjelma menjadi salah satu studio rekaman terbaik di Indonesia. Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun, teman-teman tidak perlu mempertanyakan kualitas dari Cut2Cut Studio lagi.
 
Teman-teman dari Cut2Cut Studio telah mengerjakan banyak project, baik project voice over, project dubbing film, project ADR film, iklan, dan sebagainya.
 
4 Karakteristik yang saya tulis diatas juga telah dipenuhi, so buat teman-teman yang ada di Jakarta Selatan, mungkin bisa menggunakan jasa studio ini bila bingung mau pakai studio apa.

3. Tom Studio

Salah satu studio yang sering banget dipakai oleh temen-temen voice over talent di Jakarta ni gaes. Selain sering dipakai oleh voice over talent senior, banyak client juga yang telah ditangani oleh studio ini.
 
Beberapa client yang pernah ditangani antara lain, Top Coffee, Mama Lemon, dan beberapa client lain yang bisa dilihat melalui instagram profilenya Tom Studio Ini.
 
Tom Studio terletak di Jl. Kemang Timur No. 79 C. Jadi buat teman-teman yang membutuhkan jasa studio di sekitaran kemang, bisa langsung menuju ke studio ini.
 
Kalau Inavoice sendiri sih belum pernah bekerja bersama dengan Tom Studio ini, mungkin kapan-kapan kita bisa bekerja sama ya.

4. Backbeat Studio

Studio ini gak perlu diragukan lagi. Saya personal pernah beberapa kali menjalin kerjasama dengan studio ini.
 
Backbeat Studio juga merupakan salah satu studio tertua yang ada di Indonesia, dan memiliki beberapa ruangan studio di dalamnya. Dengan memiliki beberapa ruangan studio ini, tentunya Backbeat mampu memberikan beberapa varian harga buat teman-teman yang akan menyewa studionya.
 
Backbeat Studio terdapat di daerah Cipete, jadi buat teman-teman yang berencana untuk melakukan perekaman suara di daerah Cipete, silahkan hubungi Backbeat Studio ya.

5. TomTam Studio

Saya secara personal mengagumi studio post production ini. Didirikan oleh salah satu orang yang saya kagumi dalam bermusik, TomTam studio menjelma menjadi studio audio post production yang telah menangani banyak client.
 
Beberapa client yang pernah ditangani antara lain, Geliga, Hexos, Tolak Angin, dan banyak client lain yang bisa teman-teman temukan melalui profile instagram TomTam Studio ini.
 
TomTam Studio berlokasi di daerah Kemang Barat, Jakarta Selatan. Jadi buat temen-temen yang lagi ada project, dan pengen visit recording session di daerah Kemang Barat, bisa langsung menghubungi TomTam Studio Ini.
 

Kesimpulan

Dari yang saya tulis diatas, adalah beberapa studio yang menurut saya merupakan studio terbaik untuk merekam voice over di Indonesia. Voice over studio ini meet dengan karakteristik studio terbaik yang telah dipaparkan sebelumnya.
 
Sekali lagi, ini merupakan preferensi saya. Bila teman-teman berkenan untuk menerima saran saya ya gapapa, dan kalau tidak juga tidak masalah.
 
I hope you enjoy reading this article, and also, jangan lupa kalau mau sewa studio dan merekam voice over di daerah Yogyakarta, bisa langsung hubungi Mina untuk book studio Inavoice. I love you all! See you in the next article!
 
 

Klik icon di atas untuk mengunduh artikel dalam bentuk pdf.