7 Jun 2021     English   |   Bahasa

Cara Menjadi Voice Over Talent Lengkap Dari A Sampai Z

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Summary : Voice Over Talent adalah profesi pembaca naskah yang digunakan untuk menyampaikan pesan dari sebuah produk Audio atau Audio Visual. Berkarya sebagai profesi ini harus menguasai banyak skill seperti pernafasan, membaca dengan baik, memberi jeda pada naskah, emphasis, intonasi, dsb, untuk mendukung penyampaian pesan dalam naskah bisa sampai dengan tepat pada target audiens. Kini peluang menjadi talent Voice-Over sungguh terbuka lebar. Baca artikel dibawah ini untuk mengerti bagaimana caranya.

Freelancer Voice-Over merupakan pekerjaan yang diminati akhir-akhir ini. Khususnya di Indonesia, grafik minat seseorang untuk berkarya dalam bidang ini terus meningkat dengan signifikan dari tahun ke tahun. Begitu pula dengan Voice Over Talent agencies, yang terus berkembang dari tahun ke tahun, baik melalui jumlah anggotanya, ataupun jumlah dari pelaku usahanya yang ada.

Selain menjadi primadona karena keleluasaan dalam bekerja, meningkatnya jumlah minat dalam industri ini juga dikarenakan pandemic covid-19 yang belum berujung. Covid-19 tentunya merubah kebiasaan lama kita, mulai dari adanya work from home, hingga kita dituntut untuk memutar otak untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah. Ini merupakan salah satu alasan Indonesia Voice Over industry berkembang dengan pesat.

Lantas, apakah benar Voice-Over menjadi pekerjaan yang didambakan karena bisa bekerja dari rumah? Tentu saja benar! Bila dilihat dari definisi Voice Over, Voice-Over adalah sebuah produk audio yang diproduksi dengan terms & condition tertentu dengan tujuan untuk memberikan pesan yang mampu memberikan stimulasi engagement yang cukup untuk meningkatkan brand awareness, perubahan perilaku, target penjualan pada target audiens yang nantinya akan mengkonsumsinya. Terms & conditionnya biasanya bersifat teknis, dan apabila hal-hal teknis ini bisa dilakukan dengan baik dan benar, tentunya anda bisa berkarir sebagai freelancer dalam industri ini dari mana saja.

Dari jumlah pelaku industri ini yang terus berkembang, kita juga harus menyoroti bahwa industri Voice Over di Indonesia juga terus berkembang. Kini semua orang menjadi lebih peka, bahwa setiap konten Audio Visual yang diproduksi hampir semuanya membutuhkan Voice Over untuk menarik engagement yang lebih tinggi.

Fakta seperti di atas inilah yang membuat industri Voice-Over kini telah jauh berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi perekaman dan juga perkembangan internet di Indonesia. Pada tahun 2010 misalnya, kita akan kesulitan untuk merekam suara sendiri, atau bahkan untuk mencari-cari tau referensi tentang bagaimana cara menjadi berkembang dalam industri ini.

Kini, teknologi perekaman digital sudah sangat mudah untuk diakses, pun juga dengan informasi yang bisa didapat melalui internet. Kini pertanyaan seperti how to become a Voice Actor sudah sangat mudah untuk dijawab, tinggal niat dan kemauan untuk mencari secara otodidak yang perlu dikembangkan.

Niat dan kemauan dari orang yang ingin berkecimpung dalam industri ini pun kini bertambah. Seperti yang telah dijelaskan diatas, grafiknya terus meningkat. Sebuah bukti yang mungkin tidak kita sadari untuk menyokong kalimat ini, pada tahun 2010 mungkin yang lebih banyak digunakan untuk menyebut pelaku dalam industri ini adalah narator atau pengisi suara.

Padahal 2 term di atas sedikit misleading karena pada kenyataannya pekerjaan yang dilakukan berbeda seperti yang pernah kita jelaskan dalam artikel perbedaan narator dengan talent Voice Over. Namun kini, seiring dengan perkembangan dari industri ini, perkembangan industri digital recording, dan juga dengan perkembangan internet, semua orang bisa menjadi menyemarakkan industri ini.

Mari kita membahas sedikit lebih dalam tentang peluang dalam berkecimpung di indsutri ini. Mari kita bahas dari sudut pandang peluang bisnis, karir, cara, dan gaji / fee. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Peluang Dalam Pekerjaan Voice Over

Tentunya job yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan ini merupakan sebuah peluang baru yang patut dicoba untuk semua orang. Bukan hanya orang yang telah berkecimpung dalam dunia Broadcasting sebelumnya saja, namun semua orang bisa dengan bebas mencobanya.

Fakta di atas tentunya merujuk pada, masih sangat terbukanya peluang dalam industri ini dengan luas bagi siapapun. Tentunya pengalaman dalam bidang broadcasting akan sangat menunjang anda ketika anda memutuskan mencari peruntungan dalam industri Voice Over. Namun tak ada salahnya juga kan untuk mencoba, karena kemampuan public speaking, membaca, merekam, editing, mixing, dan mastering bisa diasah bila anda serius menanggapi peluang ini.

 

2. Karir Sebagai Talent Voice Over

Mungkin selanjutnya anda akan bertanya, apakah ada karir tertentu yang bisa didapatkan ketika berkecimpung dalam industri ini? Tentu karir seorang talent ditentukan melalui portofolio apa yang pernah ia kerjakan.

Portofolio biasanya menentukan seberapa berpengalamannya mereka dalam industri ini. Sebagai contoh, salah satu talent kami bernama Sita, telah berkarir secara profesional semenjak 2010, dan telah memproduksi banyak Voice-Over untuk produk-produk kenamaan di Indonesia. Tanpa ada peraturan khusus, hampir semua orang yang mengenalnya akan menganggap bahwa ia adalah talent senior.

Tentunya untuk menjadi seperti dirinya yang bisa dianggap sebagai talent senior, anda harus menguasai beberapa skill, seperti skill membaca, merekam suara, basic editing, basic mixing, dan basic mastering. Semakin anda cakap dalam melakukan skill-skill tersebut maka karir anda dalam industri ini akan lebih cemerlang.

 

3. Gaji / Fee Sebagai Talent Voice Over

Membicarakan gaji pada industri apapun biasa dianggap sebagai hal yang tabu. Wajar saja, kita berada di Indonesia yang masih sangat kental dengan budaya ketimurannya. Mungkin inilah yang menyebabkan industri ini juga tidak maju karena terkesan ‘malu-malu’ dalam membicarakan hal ini.

Seperti yang sering kami sebutkan di blog yang sering kami tuliskan sebelumnya, industri ini masih banyak kecacatan dikarenakan cepatnya perkembangan industri ini sendiri. Salah satu cacat yang paling terlihat adalah, belum ada standarisasi gaji untuk mengerjakan sebuah project.

Setiap orang bebas memberikan ratenya, dan tak jarang banyak talent baru (yang tanpa perhitungan-perhitungan tertentu) memberi harga yang sangat murah bagi pekerjaan Voice Over nya. Sedikit banyak, hal ini akan mempengaruhi industri Voice-Over itu sendiri.

Berikut beberapa cara bagi anda untuk menentukan fee anda pada sebuah project Voice Over yang akan anda kerjakan :

1. Lisensi dan Distribusi Pekerjaan
2. Durasi Pekerjaan
3. Nilai Depresiasi Alat yang Anda Gunakan
4. Lama Produksi dan Jumlah Revisi yang Anda Berikan
5. Role Anda Dalam Pekerjaan Tersebut (VO Talent, Record Engineer, Mix Engineer, Mastering Engineer)

Tentunya bekerja sendirian akan memakan lebih banyak waktu untuk anda mendapatkan kuantitas pekerjaan Voice Over yang lebih banyak. Untuk itulah Inavoice.com hadir menawarkan platform Digital Voice Over Agency ini. Gaji atau Fee yang kami tawarkan tentu telah kami sesuaikan dengan persetujuan dengan talent Voice Over yang terpilih oleh client dengan menyesuaikan standard rate mereka.

Namun apabila talent kesulitan untuk menentukannya, kami akan membantu memberikan suggestion mengenai nilai gaji yang tepat. Biasanya minimal rate yang kami tawarkan start from Rp. 500.000,00 dan juga didasarkan pada cara penghitungan yang kami tuliskan di atas.

 

4. Cara Menjadi Talent Voice Over

Untuk menjadi talent Voice Over saat ini tentunya lebih simple bila dibandingkan beberapa tahun ke belakang. Bayangkan, bagaimana ribetnya anda ketika mendistribusikan sample suara anda sebelum era internet menjamah Indonesia? Anda harus berkeliling dari satu post production studio ke studio yang lainnya hanya untuk mendistribusikan sample Voice Over anda. Kini di era yang semua serba cepat, bahkan cepatnya kebablasan ini, distribusi sampel suara anda jauh lebih mudah.

Ada beberapa syarat mutlak yang harus dilakukan sebelum anda memulai menjadi talent professional. Seperti :

1.Pastikan Bahwa Anda Memiliki Kemampuan Membaca Naskah yang Baik
2. Rekamlah Sample Voice Over dengan Kualitas Terbaik
3. Distribusikan Sample Voice Over Anda Melalui Berbagai Platform

3 Syarat mutlak ini bisa dijadikan petunjuk atau guide untuk memulai langkah anda, yaitu bila dikemas dalam satu kalimat yaitu memiliki sample suara yang berkualitas. Bila sample anda kurang baik, mulai dari cara membaca naskah yang kurang tepat, hingga kualitas perekaman yang tidak perfect maka client akan dengan mudah menyingkirkan anda sebagai pilihan pengisi suara yang mungkin mengisi project mereka.

 

5. Tips Memulai Karir Sebagai Talent Voice Over

Setelah anda membaca artikel di atas, dan kini menjadi semakin tertarik untuk menggeluti industri ini, mungkin anda kini menjadi lebih bingung dan bertanya “langkah awal seperti apa yang harus saya lakukan?” Ada sedikit tips dari kami untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tips tersebut antara lain :

 

a. Buatlah Sample Suara Voice Over Anda

Untuk menjadi orang yang professional dalam industri ini, tentunya anda memerlukan sample suara yang bisa anda distribusikan untuk didengarkan oleh calon client pengguna jasa Voice Over. Untuk itu, produksilah sample suara yang layak untuk didengarkan client.

Memproduksi sample suara yang layak diperlukan 3 hal, kemampuan teknis membaca voice over yang baik, contoh naskah Voice Over yang berkualitas, dan tentunya alat perekaman yang juga berkualitas. Pastikan bahwa anda telah menguasai betul cara menghandle hal-hal di atas. Berikan effort terbaik yang anda miliki untuk mengerjakan hal ini.

 

b. Distribusikan Sample Voice Over

Mendistribusikan sample Voice Over kadang menjadi hal yang tricky dan sulit dilakukan bila anda tidak memiliki info yang menunjang akan hal ini. Coba carilah di google dengan beberapa keyword, seperti Voice Over Agency, Voice Over Marketplace, Freelance Voice Over Platform, dan banyak lainnya.

Tentu anda akan mendapati banyak website yang bisa menampung sample suara anda, seperti projects.co.id, Inavoice.com, freelancer.com, fiverr.com, dan banyak platform lain yang bisa anda gunakan untuk mendistribusikan sample Voice Over anda.

Selain itu, manfaatkan social media anda untuk membangun citra diri anda sebagai orang yang profesional di bidangnya. Bangun relasi anda melalui social media baik untuk berkomunikasi dengan sesama pelaku industri ini, atau bahkan untuk mendapatkan client.

 

c. Berkomunitas dengan Sesama Voice Over Talent

Membangun relasi dengan talent lain tentu akan memberikan banyak manfaat bagi anda yang mungkin baru mau mencoba bergelut dalam industri ini. Di Indonesia sendiri, banyak sekali komunitas Voice Over yang sangat bermanfaat dan mau memberikan banyak sekali insight bagi calon pelaku industri ini. Beberapa komunitas tersebut seperti @kvdai, @Indonesiavoicetalent, dan banyak komunitas lain yang mungkin tidak dapat kami sebutkan satu per satu.

 

d. Kembangkan Skill Untuk Melengkapi Kekurangan Anda

Di era yang serba cepat dan modern ini, menjadi satu paket lengkap yang mampu mengerjakan banyak hal adalah paket yang dicari banyak client. Anda dituntut untuk mampu mengerjakan berbagai hal, mulai dari membacakan naskah, merekam Voice Over, mengedit Voice Over, Mixing dan Mastering Voice Over untuk client.

Untuk itu, jangan berhenti dalam mengembangkan skill Voice Over hanya dengan melatih cara membaca dan intonasi saja. Namun latihlah juga teknis produksi hingga post produksi Voice Over anda.

 

e. Berinvestasi dengan Membangun Studio Perekaman di Rumah

Bagi Inavoice, memiliki studio perekaman Voice Over di rumah merupakan sebuah kewajiban sebagai anda yang ingin menjadi full timer dalam industri ini. Tidak melulu studio perekaman yang mewah dengan berbagai hardware yang mahal. Anda cukup memiliki satu set microphone, laptop, dan audio interface yang bisa digunakan untuk merkam suara.

Tentu anda juga harus memperhatikan pantulan suara dari ruangan ketika anda merekam. Treatment lah acoustic ruangan anda agar anda bisa merekam suara dengan kualitas yang maksimal.

 

Impian berkarir dalam industri yang kini sedang berkembang tentu dimiliki oleh banyak orang. Dari artikel panjang lebar yang telah kami tuliskan di atas, semoga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di benak anda ketika anda akan melangkah sebagai pelaku indsutri Voice Over professional. Sampai bertemu di artikel kami selanjutnya!


Klik icon di atas untuk mengunduh artikel dalam bentuk pdf.