14 Sep 2021     English   |   Bahasa

Hari Buah Internasional dan Industri Voice Over

  1. Home
  2. Voice Over Blog

Mungkin masih banyak dari teman-teman disini yang belum mengetahui tentang Hari Buah Internasional. Artikel ini tidak akan menjelaskan mengenai pentingnya buah untuk menjaga suara Voice-Over Talent. Namun, saya akan menjelaskan kesamaan tema yang diusung oleh Hari Buah Internasional dengan slogan Inavoice Indonesia Voice Over Agency.

Jatmiko Kresnatama
Co-Founder Inavoice

Table Of Content

Mungkin belum banyak teman-teman yang membaca artikel ini mengerti bahwa ada Hari Buah Internasional. Tidak apa, karena sejujurnya saya juga baru mengerti tentang hari internasional ini, dan takjub dengan tema yang diusung.

Setiap tahun, Hari buah internasional memiliki tema unik berbeda yang diusung. Di awal hari buah internasional ini dimulai, sekumpulan orang yang mempeloporinya memberi tema Come Together. Mereka mengajak orang untuk berkumpul dan membagikan buah secara gratis.

Sedangkan tahun ini bertema Create Change Together. Lantas kenapa saya menulis hal ini? Apa hubungannya dengan Voice-Over? Jujur memang tidak ada hubungannya. Namun saya merasa Create Change Together ini sangat berelasi dengan slogan Inavoice, yaitu You Deserve Better!

Yuk kita coba baca artikel pendek ini, anggap saja ini merupakan informasi hiburan bagi Voice Actor yang biasa mengkonsumsi konten blog Inavoice untuk menambah informasi mengenai Industri Voice Over.

Sejarah Singkat Hari Buah Internasional

Hari Buah Internasional diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juli. Hari Buah Internasional digagas oleh sekumpulan mahasiswa di Universitas Alice Solomon, Berlin, Jerman.
 
Awalnya mereka hanya berkumpul untuk membicarakan apa keahlian mereka masing-masing. Hasil dan kesimpulan yang didapat dari perkumpulan itu adalah, mereka akan membagikan buah yang disukai orang-orang disekitar.
 
Inilah mengapa, Come Together menjadi tajuk awal yang digunakan oleh perkumpulan mahasiswa tersebut. Mereka mencoba mengajak orang untuk berbagi dan menikmati buah yang dibagikan secara gratis.

Create Change Together

Create Change Together adalah tema terpilih Hari Buah Internasional tahun 2021. Tema ini terpilih untuk mengajak semua orang berpartisipasi dalam menjaga kesehatan dengan menaikan tingkat kesadaran manusia mengenai pentingnya nutrisi dan kesehatan sekaligus meningkatkan kesadaran manusia dalam mengurangi sampah makanan.
 
Sebuah tajuk yang membuat saya terdiam seketika, dan berpikir bahwa tema Create Change Together ini tidak hanya dapat diusung oleh Hari Buah Internasional. Namun seharusnya juga dapat diimplementasikan pada Industri Voice Over.
 
Berdasar dari carut marutnya industri ini, kita membutuhkan suatu hal yang lebih baik dan dilakukan bersama baik oleh Voice Over Agency, Pengguna Jasa Voice Over, Voice Over Talent, dan Komunitas Voice Over di Indonesia. Mari kita bahas di bawah, mengenai keterkaitan slogan Inavoice dengan Create Change Together.

Inavoice dan Tema Hari Buah Internasional

Sejujurnya tulisan dan tema sosial media Inavoice bulan Juli 2021 ini dibuat setelah saya diajak ngobrol oleh KVDAI pada kopdar virtual #36, acara rutin Komunitas Voice Over talent, Dubber, dan Announcer di Indonesia tersebut.
 
Saya menangkap begitu banyak keresahan dan kebingungan dari para pengisi suara yang tergabung dalam komunitas tersebut. Beberapa kebingungan yang sangat terlihat jelas adalah menentukan harga voice over, alat merekam Voice Over yang baik, dan termasuk bagaimana proses branding voice over yang baik.
 
 
Kebingungan-kebingungan yang saya tuliskan ini (dan masih banyak kebingungan lain yang sebenarnya tidak saya tulis), sebenarnya tidak dapat diselesaikan oleh voice talent sendirian.
 
Industri Voice Over butuh perubahan, dan perubahan itu hanya dapat dilakukan bila setiap orang yang bergerak dalam industri ini memutuskan untuk bergerak bersama, berpegangan tangan, dan mau mengubah nasib industri ini bersamaan.

Create Change Together For a Better Voice Over Industry

Mungkin terkesan berlebihan ketika saya menulis ini. Mungkin banyak yang bertanya, sebenarnya apa sih permasalahan yang saya risaukan. Sebenar-benarnya, saya telah menulis mengenai permasalahan industri voice over jauh sebelum saya menulis artikel ini.

Baca Juga : 3 Permasalahan Utama Industri Voice Over Indonesia

Permasalahan mengenai rate, alat perekaman, pengetahuan teknis, dsb. menjadi boomerang bagi pelaku utama industri ini (VO Talent). Seakan setiap talent yang bergerak dalam industri ini belum memiliki pegangan yang kuat ketika bergelut dalam industri ini.
 
 
Untuk mengurangi dampak-dampak negatif yang mungkin akan diterima oleh voice over talent, maka saya mewakili Inavoice mencoba mengajak teman-teman semua yang berhubungan secara langsung dengan industri ini untuk secara bersama mengubah industri ini menjadi lebih baik. We can create change together for a better Voice Over Industry, specially in Indonesia.
 
Sebagai statement untuk mengajak teman-teman bergerak bersama, saya dan Inavoice akan selalu berkomitmen untuk menjadi rekan terbaik dalam perkembangan dunia Voice Over yang lebih sehat, khususnya di Indonesia.
 
“Perkembangan dunia Voice Over yang lebih sehat? Apa Maksudnya?”
 
Betul, lebih sehat dan lebih baik. Seperti slogan kami yaitu You Deserve Better. Kami selaku Digital Voice Over Agency di Indonesia akan selalu mengutamakan keterbukaan rate, schedule pembayaran, metode pemilihan talent bagi calon pengguna jasa voice over, dan selalu berbagi mengenai informasi edukasi Voice Over yang baik melalui kanal sosial media kami, ataupun melalui blog-blog yang kami tulis.
 
Itulah komitmen kami. Sedikit yang kami upayakan agar industri ini bergerak lebih maju dan berkembang ke arah yang lebih baik.
 
Kami berharap bahwa setiap orang yang bergerak dalam industri ini, baik client, komunitas voice over, maupun voice actor memiliki komitmen dan cara masing-masing untuk membuat industri ini menjadi lebih baik.

Kesimpulan

1 Juli merupakan Hari Buah Internasional, yang mana pada tahun 2021 mengangkat tajuk Create Change Together. Inavoice mencuplik tema ini, dan mengangkatnya menjadi tema bulanan kami untuk memberikan penyadaran bahwa dalam Industri dan bisnis Voice Over yang bergerak begitu cepat dan dinamis, butuh kesadaran bersama untuk membuatnya menjadi lebih baik.
 
Banyak persoalan yang dialami oleh voice over talent yang menjadi pelaku utama industri ini. Permasalah tersebut tidak dapat diselesaikan sendirian, namun harus dipahami dan diselesaikan bersama oleh setiap orang yang bergerak dalam industri ini baik client, agensi, komunitas, dan voice over talent itu sendiri.